10 Ide Lomba 17 Agustusan Online di Masa Pandemi

Bulan Agustus telah tiba, hari kemerdekaan harus dirayakan dengan meriah. Menjadi sebuah kebiasaan dan budaya masyarakat Indonesia, bulan Agustus akan diwarnai dengan kegiatan lomba-lomba 17 agustusan. Eh.. tapi pandemi belum berakhir, kegiatan lomba 17 agustusan pasti tidak boleh dilaksanakan karena akan menimbulkan kerumunan orang.

100 Permainan dan Perlombaan Rakyat, Hanya ada di Indonesia

 

Bagaimana jika lomba 17 agustusan dilakukan secara online? Bisa. Lomba 17 agustusan bisa dilakukan secara online. Sepertinya halnya kegiatan rapat, sekolah, seminar, pelatihan, dan sebagainya yang dilakukan secara online di masa pandemi ini. Kegiatan lomba 17 agustusan juga bisa dilakukan melalui Zoom dan media sosial. Jadi selama pandemi ini, kita semua harus perketat protokol kesehatan, salah satunya dengan menghindari kerumuman dan tidak menciptakan kerumuman.

Kita harus lupakan sejenak lomba-lomba seperti pada gambar. Ayo ciptakan ide lomba 17 agustusan online!

Berikut ini 10 ide lomba 17 agustusan online di masa pandemi.

(1) Lomba makan kerupuk

Lomba dilakukan melalui Zoom, Google Meet, atau aplikasi lainnya. Penyelenggara lomba dapat membagikan kerupuk pada peserta lomba sebelum lomba diadakan. Namun jika peserta berasal dari tempat yang berjauhan, peserta dapat menggunakan kerupuk yang disediakan sendiri. Lomba makan kerupuk bisa diikuti oleh peserta dari semua usia.

(2) Lomba meniup balon

Sama halnya dengan lomba makan kerupuk, lomba meniup balon juga dapat dilakukan secara langsung melalui Zoom atau aplikasi lainnya. Peserta dapat menyediakan sendiri balon, atau jika memungkinkan (lokasi peserta berdekatan) dapat disediakan oleh panitia. Balon yang ditiup dapat hanya satu atau meniup balon sebanyak-banyaknya dalam waktu yang ditentukan. Lomba meniup balon dapat dimeriahkan oleh semua usia.

(3) Lomba makan (donat, mi, piza, atau makanan lain)

Lomba makan dilakukan secara langsung melalui Zoom atau aplikasi lainya. Makanan yang dilombakan dapat berupa donat, mi, piza, atau lainnya sesuai ketentuan penyelenggara lomba. Lomba makan ini akan seru jika dilakukan dengan peserta keluarga. Jadi peserta lomba adalah ayah-anak, ibu-anak, atau ayah-ibu.

(4) Lomba mewarnai atau menggambar

Lomba mewarnai atau menggambar diperuntukkan bagi anak-anak. Untuk lomba ini bisa dilakukan dengan dukungan media sosial Facebook atau Instagram. Anak-anak yang mengikuti lomba akan mendapatkan gambar dari penyelenggara secara digital dan mencetak sendiri di rumah. Dengan batas waktu yang ditentukan, hasil gambar yang diwarnai difoto kemudian diunggah ke Facebook atau Instagram dengan hastag tertentu sesuai ketentuan penyelenggara lomba. Peserta yang mendapatkan  “Like” terbanyak menjadi pemenangnya.

(5) Lomba menghias sepeda

Pelaksanaan lomba menghias sepeda sama dengan lomba mewarnai. Peserta lomba menghias sepeda di rumah masing-masing, kemudian mengunggah foto sepeda yang dihias dan video saat anak memakai sepeda hias di media sosial Facebook atau Instagram. Penilaian lomba dapat dilakukan oleh juri atau berdasarkan “Like” terbanyak.  Peserta lomba menghias sepeda adalah anak-anak.

(6) Lomba kostum merah putih

Lomba kostum merah putih ini pesertanya bisa perorangan atau kelompok (keluarga). Pelaksanaan lomba bisa dilakukan melalui Zoom dalam waktu bersamaan dan penilaian dilakukan saat itu juga. Lomba ini bisa juga dilakukan dengan cara mengunggah foto di media sosial, Facebook atau Instagram dengan penilaian dilakukan oleh juri atau berdasarkan “Like” terbanyak.

(7) Lomba merias wajah

Lomba merias wajah akan seru jika pesertanya berpasangan, misalnya ayah-ibu, kakak-adik, ayah-anak, atau ibu-anak. Pelaksanaan lomba secara langsung melalui Zoom atau aplikasi lainnya. Saat pelaksanaan lomba, peserta lomba pasangan. Pada pelaksanaannya, salah satu peserta akan merias pasangannya dengan mata tertutup. Apapun hasil riasannya, lomba ini untuk hiburan dan meramaikan suasana kemeriahan hari Kemerdekaan.

(8) Lomba memasukkan paku dalam botol

Lomba memasukkan paku di botol biasanya dilakukan dengan mengikat paku pada tali yang dililitkan di pinggang, pada lomba online ini peserta memegang paku yang ditali lalu dengan memejamkan mata memasukkan paku pada botol. Peserta yang paling cepat memasukkan paku, dialah pemenangnya. Lomba ini dilakukan secara bersamaan melalui  Zoom atau aplikasi lainnya.

(9) Lomba cerdas cermat

Lomba cerdas cermat ini dilakukan dengan peserta berkelompok, 3-5 orang. Lomba dilakukan langsung melalui zoom. Peserta lomba dapat anak-anak, remaja, atau dewasa. Pertanyaan dalam lomba cerdas cermat dibuat sesederhana mungkin tanpa mempersulit peserta, tetapi tetap serius.  Perlu diingat jika lomba ini untuk memeriahkan hari Kemerdekaan RI dan bersifat hiburan.

(10) Lomba menyanyi tanpa membuka mulut

Lomba menyanyi tanpa membuka mulut maksudnya adalah peserta lomba menyanyikan satu lagu dengan menggumam, tanpa membuka mulut. Jika pada saat menyanyi membuka mulut, berarti didiskualifikasi dari lomba.

Sepuluh lomba di atas adalah ide, bisa dipakai atau bisa dimodifikasi sehingga menjadi lebih menarik dan menghibur. Yang perlu kita sama-sama ingat bahwa pandemi belum berakhir, perayaan hari Kemerdekaan tetap bisa dilaksanakan walau tanpa harus menciptakan kerumunan.

Oh  ya, apakah di rumahmu sudah terpasang bendera merah putih atau umbul-umbul merah putih. Ayo semarakan hari Kemerdekaan  dengan cara kreatif memanfaatkan teknologi yang ada, membuat lomba 17 agustusan secara online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *