12 Ide Lomba 17 Agustusan Menggunakan Balon

#lomba17an #lombaagustusan #17agustus #lombajogetbalon #lombamakankerupuk

Balon salah satu pernak-pernik yang selalu ada dalam kegiatan lomba 17 Agustusan, karena balon banyak digunakan untuk perlombaan 17 Agustusan. Tidak hanya anak-anak yang jadi pesertanya, perlombaan dengan menggunakan balon bisa diikuti peserta remaja, dewasa, hingga lansia.

Berikut ini 12 Ide Lomba 17 Agustusan yang Menggunakan Balon

1. Lomba joget balon
2. Lomba lari balon banyak (4 balon)
3. Lomba lari balon (1 balon)
4. Lomba kipas balon
5. Lomba kereta balon

Penjelasan tentang 5 ide lomba di atas dapat dilihat pada gambar dan buku 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat Hanya Ada di Indonesia.

6. Meletuskan balon kursi
Peserta mengambil balon, lalu menaruhnya di kursi dan mendudukinya hingga meletus. Peserta yang paling banyak meletuskan balon adalah pemenangnya.

7. Meletuskan balon sambil menutup mata
Ada banyak balon dalam arena lomba. Peserta lomba ditutup matanya dan diberi sepotong lidi untuk meletuskan balon. Peserta yang paling banyak meletuskan balon adalah pemenangnya.

8. Joget balon berkelompok
Satu balon digunakan untuk berjoget 3-4 orang. Balon tidak boleh jatuh saat berjoget. Kelompok peserta yang dapat bertahan lama, balon tidak jatuh, adalah pemenangnya.

9. Meniup balon terbanyak
Sediakan balon siap ditiup. Peserta lomba diberi waktu 1-2 menit untuk meniup balon sebanyak-banyaknya. Peserta yang berhasil meniup balon terbanyak adalah pemenangnya.

10. Menahan balon di baskom air
Sediakan baskom berisi air dan satu balon seukuran bola sepak. Dengan menggunakan wajah, peserta lomba menenggelamkan balon di baskom. Peserta yang berhasil menahan balon tenggelam di air terlama adalah pemenangnya.

11. Meletuskan balon berisi air sambil menutup mata
Balon berisi air digantung di tali. Peserta lomba berdiri dengan jarak 3 meter dari balon yang digantung dan mata ditutup. Peserta tercepat yang meletuskan balon adalah pemenangnya.

12. Membawa balon terbanyak
Disediakan 20 atau lebih balon yang sudah ditiup. Dalam waktu 1 menit peserta lomba yang bisa mengambil dan membawa balon terbanyak adalah pemenangnya.

Ide lomba di atas masih bisa dikembangkan lagi sesuai dengan usia peserta, jumlah peserta, kostum yang digunakan, dan sebagainya. Menang ataupun kalah bukan menjadi target dalam lomba 17 agustusan. Targetnya adalah kemeriahan peringatan hari kemerdekaan. Merdeka!!

Jika ingin ide lomba 17 Agustusan lainnya, bisa baca-baca di buku 100 Permainan dan Perlombaan Rakyat Hanya Ada di Indonesia.

BELI BUKU 100 PERMAINAN DAN PERLOMBAAN RAKYAT langsung ke Penerbit

 

Visited 56 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *