13 Cara Menggali Ide Cerita Anak

#idecerita #menuliscerita #ceritaanak #cariide #idemenulis #panduanmenulis

13 Cara Menggali Ide Cerita Anak

Jangan mengeluh kesulitan mencari ide cerita anak, sebelum kamu melakukan 13 cara di bawah ini.

1.  Membaca cerita anak masa kini

Ada seorang penulis cerita anak pernah berkata “Untuk mendapatkan ide cerita anak, paling tidak bacalah 10 cerita anak”. Saya setuju dengan perkataan ini. Saya pun melakukan hal yang sama. Mau nulis cerita anak, bacalah cerita a anak sebanyak-banyaknya, dijamin ide cerita tergali, menulis pun lancar.

2. Membaca cerita anak klasik

Jangan lupakan cerita anak yang ditulis oleh penulis-penulis legendaris, seperti Enid Blyton dan Roald Dahl. Bacalah cerita anak klasik karya mereka, juga penulis lainnya. Meskipun ditulis puluhan  tahun silam, nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya masih relevan dengan masa kini.

3. Pengalaman masa kecil

Semua orang punya pengalaman masa kecil, baik itu pengalaman menyenangkan, maupun menyedihkan. Pengalaman masa kecil itu tidak ada habisnya. Kamu bisa menggali ide sebanyak mungkin dari pengalaman masa kecilmu.

4. Impian masa kecil

Kita semua mempunyai impian di masa kecil. Impian itu bisa jadi hanya kita yang tahu. Impian itu bisa ditorehkan menjadi sebuah cerita anak.

5. Berimajinasi atau berkhayal

Imajinasi atau khayalan kita adalah tempat munculnya ide yang tidak akan ada habisnya.

6. Mengamati tingkah laku anak sendiri

Bagi kamu yang sudah memiliki anak, tingkah laku anak dapat menjadi sumber ide yang tidak ada habisnya. Setiap hari pasti ada banyak pengalaman yang dialami bersama anak. Bahkan, perilaku anak yang membuatmu marah bisa menjadi ide cerita.

7. Mengamati tingkah laku anak tetangga atau anak murid

Perilaku anak murid atau anak tetangga kita pun bisa menjadi ide cerita. Jika kamu seorang guru atau bekerja di dunia pendidikan, akan bertemu dengan banyak sekali tingkah laku anak. Tingkah laku mereka bisa menjadi sumber ide cerita.

8. Mengamati lingkungan sekitar

Ada banyak peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Misalnya, pencurian, kecelakaan, pesta pernikahan, kerja bakti lingkungan, dan sebagainya. Peristiwa itu dapat menjadi ide cerita.

9. Menonton film kartun

Film kartun tema ceritanya seputar anak-anak. Nilai-nilai yang terkandung dalam ceritanya juga dapat diteladani anak-anak dengan mudah. Adegan dalam film kartun atau tema ceritanya dapat dijadikan ide cerita anak yang kita tulis. Beberapa waktu lalu saya melihat sebuah film kartun Indonesia yang bercerita tentang anak perempuan yang mengembalikan dompet yang ditemukannya. Ide cerita kartun itu saya jadikan ide cerita anak dengan judul “Siomay Laris Manis”. Ceritanya tentang anak perempuan yang ayahnya seorang penjual siomay keliling. Karena kejujurannya mengembalikan dompet, siomay yang dijual ayahnya jadi laris manis, banyak dipesan.

10. Mengamati hewan peliharaan

Bagi yang memiliki hewan peliharaan, tingkah laku lucu sang pemilik hewan peliharaan dan tingkah polah si hewan peliharaan, bisa menjadi ide cerita.

11. Ingin menyampaikan pesan nilai tertentu

Ada pesan nilai tertentu yang ingin kita tulis menjadi sebuah cerita anak. Misalnya ingin menulis cerita yang menyampaikan pesan melestarikan nilai keberagaman kuliner Nusantara.

12. Percakapan dengan seseorang

Saat berbincang dengan orang lain, juga bisa menjadi ide cerita. Misalnya percakapan tentang harga beras yang naik, biaya listrik yang membengkak, dan sebagainya. Biaya listrik yang naik bisa jadi ide cerita tentang hemat listrik.

13. Kejadian yang sedang viral

Setiap hari selalu saja ada berita atau informasi yang viral dari media sosial yang kita tonton. Ada banyak sekali informasi yang diviralkan, salah satunya bisa menjadi ide cerita.

Ide Menulis Tidak Ada Habisnya adalah Membaca

Paskalina Askalin

Visited 16 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *