Lisa San No Machigatta Koi, Cinta yang Salah

Judul: Lisa San No Machigatta Koi, Cinta yang Salah
Penulis: Ira Diana
Tahun: 2016

Cinta selalu punya banyak cerita. Cerita cinta yang manis, cerita cinta penuh haru, hingga cerita penuh penuh lara dan duka. Apakah benar ada cinta yang salah?

Novel berkover ungu ini mengisahkan cerita cinta seorang wanita bernama Lisa. Cerita cinta diawali kisah yang manis, namun terasa tergesa-gesa karena memutuskan menikah di usia muda. Lisa terbuai oleh cinta dan janji manis yang membawanya ke pelaminan semu yang kemudian berakhir dalam perceraian.

Di antara cerita cintanya yang berliku, Lisa masih mempunyai mimpi untuk mengejar cita-cita, melanjutkan pendidikannya. Setelah bercerai, Lisa berusaha bangkit demi anak dan kedua orang tuanya. Lisa mendapatkan kesempatan melanjutkan studi di Negeri Sakura. Walau berat meninggalkan anaknya, Lisa bertegar hati pergi selama beberapa tahun.

Di Negeri Sakura, Lisa menemukan cinta yang lain, yang memberinya harapan baru untuk hidupnya. Pria itu bernama Achmad, sama-sama dari Indonesia. Usai menyelesaikan studi, Lisa dan Achmad berniat mengukuhkan cinta mereka. Namun, Lisa masih belum bisa berbahagia setelah kepulangannya ke tanah air. Mimpinya hancur karena Tuhan mengambil cintanya lebih cepat. Achmad meninggal dalam sebuah kecelakaan, sebelum sempat melamar Lisa.

Cinta yang tragis, itulah cinta yang dialami Lisa. Sesuai judul novel ini, cinta Lisa memang cinta yang salah. Namun, di akhir kisah sepertinya Lisa akan mendapatkan cinta yang sesungguhnya. Jika ingin tahu akhir kisah cinta Lisa, bacalah novel ini. 

Novel ini bisa membawa pembaca terhanyut dalam perasaan si tokoh utama, Lisa. Saat bahagia, sedih, terharu, tersakiti, pembaca serasa ikut merasakan juga. Dijamin pembaca akan dibuat senyum-senyum karena ikut bahagia dan dibuat berkaca-kaca karena sedih.

Di antara cerita cinta Lisa yang berliku, ada sebuah pesan penting yang disematkan oleh Ira Diana, penulis novel ini. Pesan itu adalah raihlah pendidikan setinggi mungkin selagi bisa, bahkan apa pun statusnya, seorang istri, seorang ibu, seorang ayah, seorang pekerja, apa pun pekerjaan kita, jika masih ada kesempatan menimba ilmu, lakukanlah segera. Walau ada harga yang harus dibayar, berpisah dari orang tercinta, pendidikan bisa membawa kita menjadi lebih baik. Dan, cinta bisa membuat kita bahagia, jika itu bukan cinta yang salah.

Resensi ini pernah diposting di ceritapaskalina.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *