Ceklis Persyaratan Seleksi Penulis Buku Bahan Bacaan

Ketika Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi diumumkan, yang riuh ditanggapi penulis adalah tentang keharusan menyertakan contoh buku yang sudah dipublikasikan atau dengan kata lain memiliki ISBN.
Ada beragam tanggapan yang muncul dan saya pun “terjegal” karena syarat ini. Karena buku saya tidak ber-ISBN, buku saya hanya memenangkan lomba. Kemudian saya bertanya pada panitia melalui Whatsapp tentang keharusan buku ber-ISBN. Jawaban panitia, “dikirim saja nanti biarkan tim juri yang menilai.” Pada akhirnya, saya mengirimkan buku tanpa ISBN dan buku saya lainnya yang ber-ISBN.

Ebook PAUD karya Paskalina Askalin, pemenang lomba PAUD 2016 dan 2018

Syarat Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi masih banyak. Mari kita ceklis satu per satu.

Ceklis (1)
Fotokopi KTP atau kartu pelajar
Untuk syarat ini tidak ada yang perlu diperdebatkan. Bagi yang belum punya KTP, bisa menggunakan kartu pelajar.

Ceklis (2)
Biodata
Data buku yang diminta dalam biodata adalah buku-buku anak yang sudah dipublikasikan. Tidak disebutkan buku anak usia berapa, jadi saya mendata buku anak yang pernah saya tulis. Setelah didata perlahan-lahan, terkumpul 36 judul dan itu pun tidak saya masukkan semua datanya.
Untuk mendukung biodata, perlu dilampirkan juga fotokopi piagam penghargaan atau sertifikat yang pernah diperoleh. Tentu saja, sebaiknya piagam yang dilampirkan relevan dengan penulisan buku anak. Setelah bongkar-bongkar fail, terkumpul 7 piagam penghargaan dan 3 sertifikat yang saya anggap sesuai dan relevan dengan seleksi penulis buku bahan bacaan literasi.

Ceklis (3)
Satu contoh buku untuk jenjang kelas 1, 2, dan 3 atau PAUD (usia 4-6 tahun) yang sudah dipublikasikan.
Untuk syarat yang ini, saya tidak hanya melampirkan satu contoh buku, saya lampirkan 5 contoh buku. Lima contoh buku itu tiga buku PAUD dan dua buku SD.

Ceklis (4)
Ringkasan naskah buku tanpa ilustrasi.
Yang menjadi pertanyaan ringkasan naskah buku ini isinya apa? Apakah berisi ide naskah buku? Apakah berisi kerangka naskah buku? Menurut saya, bentuknya seperti apapun, ringkasan naskah buku ini harus menggambarkan isi cerita dari buku yang akan ditulis dan tidak boleh melebihi 1 halaman. Ketentuan format halaman ringkasan sudah jelas, ukuran kertas A4, 1 halaman, margin 2 cm, ukuran font 12. Jangan lupa menyertakan judul, tema, fokus karakter, dan nama penulis.
Berapa banyak ringkasan yang dibuat? Setelah saya bertanya pada panitia, calon penulis boleh melampirkan lebih dari satu ringkasan. Akhirnya, saya melampirkan empat judul ringkasan, 2 untuk buku PAUD dan 2 untuk buku SD.

Ceklis (5)
Contoh ilustrasi yang pernah dibuat oleh ilustrator dan identitas ilustrator.
Untuk persyaratan yang satu ini saya menggunakan contoh ilustrasi dari satu sahabat ilustrator yang sudah langganan. Saya lampirkan beberapa contoh ilustrasi dan tidak lupa menyertakan identitas (biodata singkatnya). Identitas ilustrator yang saya sertakan nama, alamat, nomor telepon, email, dan buku yang pernah diilustrasi.

Ceklis (6)
Surat pernyataan keaslian naskah dan bersedia mengikuti rangkaian kegiatan (format terlampir). Surat pernyataan format Ms.Word, unduh di sini SURAT PERNYATAAN SELEKSI PENULIS 2019
Untuk persyaratan ini sudah ada formatnya, jadi hanya tinggal menyalin saja. Jangan lupa, ditandatangani di atas meterai 6000.

Ceklis (7)
Semua syarat dibuat lima rangkap.
Untuk syarat ini, saya rasa sudah jelas sekali, bahwa semua syarat yang meliputi fotokopi KTP, biodata calon penulis, fotokopi piagam/sertifikat, ringkasan naskah buku, contoh ilustrasi dan identitas ilustrator, surat pernyataan, dan contoh buku dibuat lima rangkap.

Ceklis (8)
Semua berkas dan contoh buku dikirim melalui pos atau ekspedisi lainnya.
Alamat pengiriman silakan lihat di Juknis Seleksi Penulis
Selain semua berkas dikirim melalui pos, salinan lunak (kecuali contoh buku) harus dikirim melalui pos-el gerakanliterasinasional2019@gmail.com atau gerakanliterasinasional@kemdikbud.go.id

Yuk, sama-sama dicek, mana yang sudah, mana yang belum. Masih ada waktu untuk mengirimkan berkas Seleksi Penulis Buku Bahan Bacaan 2019.

PENTING, TENGGAT PENGIRIMAN BERKAS, 19 MARET 2019

Catatan penting untuk diri saya sendiri. Pengajuan berkas ini hanya salah satu usaha, pada akhirnya urusan hasil menjadi rahasia Tuhan. Berdoa saja semoga diloloskan. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *