Buku Rekomendasi: Membaca itu Asyik, Lho!

Literasi, literasi, literasi… Kata ini sungguh tidak asing di telinga kita. Lalu bagaimanakah perkembangan literasi baca anak-anak Indonesia saat ini, makin maju atau malah mengalami kemunduran? Masing-masing diri kita yang bisa menjawabnya.

Bagi saya, literasi baca anak-anak masa kini semakin menurun karena banyak faktor yang menyebabkannya. Misalnya, kurangnya dukungan orang-orang di sekitar anak yang menjadi teladan. Orang tua saja tidak suka baca buku, bagaimana anak akan suka membaca buku.

 

Buku berjudul Membaca itu Asyik, Lho! menarik sekali bagi saya sejak pertama kali melihatnya di pajang di toko buku. Saya punya harapan besar, ketika orang tua melihat buku ini akan langsung membelinya dan memberikan buku ini pada anaknya.

Menurut saya buku ini karya fiksi yang penuh fakta menarik. Tema cerita buku ini adalah membaca buku. Di Indonesia tema ini sangat jarang diangkat menjadi sebuah fiksi. Park Yun Kyung mampu membuat tema membaca buku menarik untuk dibaca. Tentunya tambahan ilustrasi dari Chun So menambah keceriaan dalam buku ini.

Park Yun Kyung mengisahkan dua tokoh utama dalam buku ini: Chan Jun dan Yeon Seo. Chan Jun adalah anak laki-laki yang tidak suka membaca dan pendiam. Yeon Seo adalah anak perempuan yang suka membaca dan paling cerdas di kelas.

Teman yang punya kebiasaan baik, akan memberikan pengaruh baik juga pada kita. Begitulah kisah Chan Jun yang tak suka membaca, karena duduk sebangku dengan Yeon Seo yang suka membaca buku, membuat Chan Jun akhirnya menjadi suka membaca buku. Yeon Seo menularkan kebiasaan baik pada Chan Jun sehingga Chan Jun menjadi suka membaca. Yeon Seo juga membagikan pada Chan Jun cara-cara yang baik supaya membaca menjadi lebih asyik. Chan Jun perlahan-lahan mengikuti saran dari Yeon Seo dan mempraktikkan cara-cara yang dilakukan oleh Yeon Seo supaya membaca menjadi asyik. Selain itu juga dukungan dari ibunya juga untuk gemar membaca, Chan Jun berubah menjadi anak laki-laki yang cerdas dan berani berbicara di depan teman-temannya.

Buku ini sungguh layak direkomendasikan untuk dibaca oleh anak-anak usia SD, anak remaja, orang tua, guru atau pendidik, dan siapa pun pegiat literasi. Dengan membaca buku ini anak-anak bisa meneladani perilaku baik dari tokoh-tokoh dalam hal membaca buku. Selain itu anak-anak juga bisa latihan bermain kata pada bagian akhir bab yang ada pada buku. Bagi orang tua dan guru, buku ini bisa menjadi inspirasi untuk mengajak anak atau siswanya menyukai membaca buku serta mempraktikkan permainan dan tip membaca yang ada dalam buku ini.

Ujung tombak literasi baca pada anak sekolah adalah orang tuanya di rumah dan gurunya di sekolah. Ketika orang tua dan guru sudah memberikan teladan dan pendampingan tiada henti, anak akan menemukan sendiri cara asyik membaca buku. -Paskalina Askalin-

Data Buku
Judul: Membaca itu Asyik, Lho!
Penulis: Park Yun Kyung
Ilustrator: Chun So
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama – M&C
Tahun: 2018
ISBN: 9786024288518
Harga: Rp 80.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *