Buku Aktivitas itu Mencerdaskan Anak PAUD

Buku aktivitas ditujukan untuk melatih kemampuan berpikir, menanamkan karakter baik, merangsang berbagai kecerdasan, atau melatih membaca menulis dan berhitung (calistung) anak usia dini. Namun, tentu anak usia dini tidak bisa menggunakan buku aktivitasnya sendiri. Maksud saya adalah orang tua dan pendamping anak berperan sangat besar dalam proses belajar anak bersama bukunya.

Buku aktivitas dibuat sedemikian rupa untuk menarik minat anak usia dini menoleh pada buku itu. Gambar yang menarik dan tema buku aktivitas yang dekat dengan anak menjadi persaingan ketat antarpenerbit supaya bukunya dilirik oleh orang tua juga anak.

Hampir setiap hari saya bersentuhan dengan buku aktivitas anak usia dini. Bukan… Bukan karena saya penulis buku aktivitas anak. Lebih karena anak saya, Kenan adalah anak usia dini, usianya kini 4,5 tahun. Ada bermacam-macam buku aktivitas anak yang saya miliki dan semuanya saya coba perlihatkan pada Kenan. Bukan hanya pada akhir-akhir ini, buku aktivitas saya jadikan mainan Kenan sejak dia bisa corat coret, sehingga kadang berakhir sobek sana sini atau diwarnai tanpa aturan hingga kertasnya berlubang.

D toko buku ada banyak macam dan ragam buku aktivitas kecerdasan anak PAUD, salah satunya Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD. Buku ini memuat beragam aktivitas yang bisa merangsang dan melatih kecerdasan anak. Dalam buku ini terdapat lebih dari 10 tema aktivitas sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan saat melihat halaman demi halaman buku ini. Dalam buku ini minim latihan membaca, menulis atau berhitung (calistung), karena anak PAUD memang tidak seharusnya dipaksa belajar calistung.

Di usianya yang menginjak 4,5 tahun, Kenan pun tak dibebani harus bisa calistung. Kenan tahu huruf A sampai Z dan paham angka 1-10 itu sudah sangat baik. Tidak perlu memaksanya harus bisa baca atau berhitung. Saya rasa semua orang tua tahu jika memaksa anak berpikir keras sebelum waktunya tidak akan berakhir baik. Banyak psikolog anak yang mengungkapkan tentang hal ini.

Kecerdasan anak PAUD tidak melulu tentang bisa baca, bisa tulis, dan bisa hitung. Kecerdasan anak itu ketika anak mampu memahami lingkungan dengan baik, mampu membedakan perilaku baik dan tidak baik, mampu mengidentifikasi sebuah masalah, mampu mencari jalan keluar, dan sebagainya. Buku Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD bertujuan merangsang anak untuk menguasai kemampuan-kemampuan tersebut.

Buku aktivitas mempunyai manfaat yang super buat anak-anak PAUD. Selain anak-anak bisa beraktivitas sesuai petunjuk pada setiap halaman, orangtua atau pendamping bisa memanfaatkan halaman aktivitas untuk melatih atau merangsang kecerdasan lainnya. Hampir 90% isi buku Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD merupakan gambar. Oleh karena itu buku ini akan sangat bersahabat untuk teman bermain dan belajar anak PAUD.

Buku aktivitas Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD bisa diperoleh di Toko Buku Gramedia dan toko buku online. Untuk mencari buku ini jadikan “super melejitkan kecerdasan anak paud” sebagai kata kunci pada mesin pencari Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *