Lomba Penulisan Komik Pembelajaran SD 2019

Lomba yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini pastinya ditunggu-tunggu oleh para penulis yang tahun lalu bukunya menjadi juara, termasuk saya (hehehe ngaku…). Tanggal 16 Juli 2019 saya mendapatkan informasi tentang lomba penulisan yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ah.. ternyata lombanya berbeda dengan tahun lalu.

Tahun 2018 Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan lomba penulisan buku bahan bacaan untuk SD dengan banyak kategori, di antara kategori buku bacaan SD fiksi, kategori buku bacaan SD nonfiksi, dan kategori komik pembelajaran. Kebetulan saya mendapatkan dua juara di lomba tersebut, Puji Tuhan.

Tahun 2019 Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga mengadakan lomba penulisan tetapi hanya satu kategori lomba, yaitu Lomba Penulisan Komik Pembelajaran SD. Sistem lomba diawali dengan seleksi penulis, kemudian karya-karya penulis terpilih dilombakan. Jadi pertanyaan saya dan juga (mungkin) lainnya, apakah lomba ini khusus penulis komik atau komikus???

Pasti banyak sekali pertanyaan dari penulis tentang ketentuan dan kriteria lomba ini. Misalnya apakah penulis buku anak (bukan ilustrator, bukan komikus, belum pernah buat komik) bisa mengajukan diri pada Lomba Penulisan Komik Pembelajaran SD 2019? Menurut saya, jika merujuk pada ketentuan tentang KRITERIA PENULIS POIN 3 “Peminat lomba merupakan perorangan, atau kerjasama penulis dan pembuat komik, dalam hal peminat lomba ternyata memperoleh hadiah, maka hadiah yang diterima adalah untuk berdua”, penulis yang tidak bisa menggambar komik boleh mengajukan diri pada lomba ini dan bekerja sama dengan ilustrator atau komikus secara mandiri. Artinya penulis harus membagi hasil lomba dengan ilustrator.

Apakah Lomba Penulisan Komik Pembelajaran SD 2019 ini terbuka untuk umum? Dalam KRITERIA PENULIS POIN 1 dan 2 sudah sangat jelas disebutkan. Silakan baca dengan saksama. Memang, sebelumnya telah terjadi keriuhan, karena panitia lomba membatasi asal peminat lomba hanya untuk peminat dari Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. Pastilah penulis yang tidak tinggal di wilayah tersebut protes pada panitia lomba. Kemudian panitia merevisi kriteria penulis menjadi “Lomba bersifat Nasional dan terbuka bagi peminat dari semua provinsi di seluruh Indonesia.” (kekuatan penulis memang luar biasa ya… hehehehe).

Bagi saya yang pernah menjadi salah satu juara lomba, panitia penyelenggara lomba ini sangat unik. Sejak pertemuan pertama di Lor In Hotel, Solo, saya banyak dibuat terkejut oleh bapak/ibu panitia ketika lomba penulisan tahun 2018. Untuk lomba kali ini, saya pun menanggapi dengan cara saya, saya bukan penulis komik, apalagi komikus, saya akan coba ikut serta dalam lomba penulisan komik pembelajaran SD 2019 ini. Saya hanya sekadar usaha, hasilnya biarlah Tuhan yang tentukan. MAJU TERUS!! JANGAN BERHENTI MENULIS!!

Jika penjelasan di atas dirasa masih kurang menjawab pertanyaan, langsung saja hubungi narahubungnya Dessy Anggraini ( 0821 1247 8748) dan Abu Latola (0811 9156 261).

Informasi selengkapnya tentang Lomba Penulisan Komik Pembelajaran SD 2019, silakan dibaca di bawah ini. Poster lomba juga bisa diunduh setelahnya. Baca benar-benar ya.

===========================================

Lomba Penulisan Komik Pembelajaran 2019

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan upaya peningkatan mutu di sekolah dasar. Salah satu upayanya adalah menyediakan sumber belajar dalam bentuk komik pembelajaran melalui lomba penulisan komik pembelajaran siswa sekolah dasar. Lomba ini sebagai wahana untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi bagi para penulis komik. Kegiatan ini dikembangkan sebagai salah satu strategi dalam pembinaan peningkatan mutu pendidikan melalui penganekaragaman bacaan pendukung pembelajaran bagi siswa SD.

Lomba penulisan komik pembelajaran siswa sekolah dasar diharapkan dapat menghasilkan komik pembelajaran untuk memotivasi kreativitas, minat baca, dan menulis bagi para praktisi pendidikan, tenaga pendidik dan kependidikan, mahasiswa, masyarakat umum sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan dan minat baca tingkat SD.

Kriteria Penulis
1. Lomba ini terbuka untuk umum, baik pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, penulis buku/komik, peserta didik (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK) dan masyarakat umum
2. Lomba bersifat Nasional dan terbuka bagi peminat dari semua provinsi di seluruh Indonesia
3. Peminat lomba merupakan perorangan, atau kerjasama penulis dan pembuat komik, dalam hal peminat lomba ternyata memperoleh hadiah, maka hadiah yang diterima adalah untuk berdua
4. Penulis terpilih bersedia menulis komik untuk kelas IV, V, VI sesuai petunjuk panita pada saat kegiatan orientasi penulis
5. Disarankan peminat lomba bekerjasama atau berkonsultasi pada guru sekolah dasar agar mendapat pemahaman yang tepat terkait pembelajaran di sekolah dasar

Informasi Seleksi
1. Pengumuman dan Pendaftaran Online (15-28 Juli 2019)
Mengirimkan satu komik contoh yang pernah dibuat atau diterbitkan, diutamakan komik pembelajaran, sudah dijilid dan biodata lengkap dikirim ke:
Panitia Lomba Penulisan Komik Pembelajaran Siswa SD Tahun 2019
Subdit Kurikulum, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
Komplek Kemendikbud Gedung E Lantai 18
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan Jakarta 10270

Serta melakukan pendaftaran secara daring/online di:
http://bit.ly/biodata_peserta_lomba_komik_pembelajaran_sd

2. Seleksi Calon Penulis (31 Juli – 3 Agustus 2019)
Panitia melakukan seleksi berdasarkan komik contoh dan data daring. Kemudian menetapkan 30 orang penulis

3. Pengumuman Hasil Seleksi (4 – 6 Agustus 2019)
Pengumuman hasil seleksi komik contoh, yang memilih 30 calon penulis terbaik. Pengumuman ditayangkan di laman dan medsos (Instagram: ditpsd dan Facebook: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar)

4. Orientasi Penulis (13 – 16 Agustus 2019)
Penulis terseleksi diundang workshop, mengikuti orientasi penulisan komik pembelajaran

5. Penulisan Komik (17 Agustus – 21 Oktober 2019)
Penulisan komik dilakukan di tempat masing-masing

6. Review dan Editing Komik (22 Oktober – 20 November 2019)
Penulis diundang ke FGD untuk mereviu hasil kerjanya

7. Penilaian Akhir Naskah & Penetapan Juara (25 – 28 November 2019)
Penilaian akhir naskah sesuai kriteria dan penetapan juara

Hadiah
10 Komik Pembelajaran Terbaik Pertama (Kelas IV – VI) Rp. 15.000.000
10 Komik Pembelajaran Terbaik Kedua (Kelas IV – VI) Rp. 12.500.000
10 Komik Pembelajaran Terbaik Ketiga (Kelas IV – VI) Rp. 10.000.000

Informasi Pendaftaran
Narahubung: Dessy Anggraini ( 0821 1247 8748)
Abu Latola (0811 9156 261)
http://ditpsd.kemdikbud.go.id
subditkurikulum.ditpsd@kemdikbud.go.id

Poster lomba dapat diunduh di sini LOMBA PENULISAN KOMIK PEMBELAJARAN REVISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *