Aktivitas Seru Mengasah Kecerdasan Anak Usia Dini (Bagian 1)

Dua kata yang senantiasa harus ada ketika mengajak anak usia dini belajar dan bermain adalah AKTIVITAS SERU. Aktivitas seru maksudnya aktivitas bermain yang mengasyikkan buat anak, disukai anak, dan menggembirakan hati anak.

Mengenal angka dan huruf dapat dikenalkan pada anak sejak usia masih sangat dini, sejak anak itu dilahirkan. Bahkan sejak masih dalam kandungan perkataan yang disebutkan ibunya menjadi memori yang melekat di otaknya.

Setiap anak itu unik, mempunyai ketertarikan pada mainan yang berbeda, hingga menyukai tontonan yang berbeda pula. Oleh karena itu, orangtua atau pendamping anak tidak bisa memaksakan satu metode belajar yang dianggap berhasil pada banyak sekali anak untuk bisa diterapkan pada anaknya. Hal ini perlu benar-benar disadari oleh orangtua sehingga tidak semena-mena memaksakan anak belajar dengan cara yang sama dengan cara anak lain.

Ada anak laki-laki yang menyukai bermain mainan mobil berbagai jenis. Ada pula yang menyukai bermain boneka hewan beraneka macam. Ada anak yang menyukai bermain putri dan pangeran. Anak-anak juga punya imajinasi yang luar biasa saat bermain.

Anak saya, Kenan (5 tahun), akhir-akhir ini gandrung banget sama macam-macam bus hingga punya cita-cita jadi supir bus dan punya 100 bus. Kenan sudah meminta dibelikan bus tingkat miniatur. Pokoknya membicarakan apapun tentang bus pasti akan menarik perhatian Kenan.

Saya jadi mempunyai aktivitas seru yang tentu akan menarik perhatian Kenan. Aktivitas seru ini saya coba rancang supaya Kenan belajar mengenal huruf hingga kemampuan membaca kata. Karena bus menjadi idamannya saat ini, nama-nama bus menjadi media untuk Kenan belajar.

Bisa dikatakan aktivitas ini bisa disebut Montessori cara saya. Saya tidak mengharapkan hasil yang muluk-muluk dari aktivitas ini. Ketika Kenan mau memainkannya saja, bagi saya itu sudah sangat luar biasa. Aktivitas seru tidak akan membuat Kenan bisa membaca seketika, tetapi saya yakin sekali aktivitas ini mampu mengasah kecerdasan otaknya.

Aktivitas seru ini hanya membutuhkan kartu/kertas bergambar bus dan kartu/kertas bertuliskan nama bus sesuai gambar. Dalam waktu 5 menit, saya berhasil mengumpulkan 11 gambar bus dari hasil googling. Setelah gambar bus diperoleh, dibuatlah tulisan sesuai nama bus. Contohnya seperti gambar berikut ini.

Ada banyak variasi aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama anak usia dini dengan menggunakan kartu gambar dan tulisan.

MEMASANGKAN GAMBAR DAN TULISAN
Gambar bus dan tulisan bus disusun seperti gambar di bawah ini.

 

Minta anak untuk memasangkan gambar bus dan tulisan. Pada gambar bus ada tulisan nama bus, anak dengan mudah akan menyelesaikan aktivitas seru ini dengan semangat. Apalagi, jika gambar-gambar bus itu sudah dikenal dan disukai anak, seperti Kenan.

MENEMUKAN TULISAN NAMA BUS
Gambar bus disusun seperti gambar di bawah ini.

Minta anak untuk mencari tulisan nama bus yang sesuai dengan gambar bus. Aktivitas seru ini yang dipraktikkan oleh Kenan dan dia menyukainya. Kenan sudah mengenal gambar bus pada kartu gambar. Walaupun Kenan belum bisa membaca, dia sudah mengenal semua huruf dengan baik. Ketika Kenan merasa kesulitan menemukan nama bus yang dimaksud, menyebutkan dua huruf awal dapat menjadi bantuan yang baik buat Kenan.

Dua aktivitas di atas, bisa dimodifikasi dalam berbagai aktivitas seru lainnya. Misalnya, saat memasangkan gambar dan tulisan, gambar dan tulisan bisa ditempel di dinding secara bersebrangan sehingga anak beraktivitas sambil bergerak. Bisa juga, gambar dan tulisan disusun dalam jarak yang jauh sehingga anak bisa berlari saat mencari pasangan gambar dan tulisan yang benar.

Aktivitas seru ini akan semakin seru jika disesuaikan dengan kebiasaan anak. Karena Kenan anak yang aktif, senang bergerak, berlarian ke sana ke mari, aktivitas menemukan tulisan yang sesuai dengan gambar bisa akan diselang-seling dengan berlari memutari gambar seakan-anak sedang menyetir bus.

Aktivitas seru ini bisa berkembang sesuai imajinasi anak dan keinginan anak. Anak-anak punya imajinasi yang kadang di luar dugaan kita sebagai orangtua. Seperti Kenan, aktivitas yang saya tawarkan padanya akhirnya berkembang sesuai dengan imajinasinya. Dan ternyata, aktivitas seru ini menjadi lebih kaya lagi manfaatnya bagi Kenan. Aktivitas memasangkan gambar bus dan nama bus ini oleh Kenan digabung dengan aktivitas berhitung 1-22 dengan menambahkan gelas kertas angka yang sebelumnya pernah dimainkan.

Gelas kertas ini bertuliskan angka dan pernah dimainkan oleh Kenan.

 

Aktivitas seru menjadi lebih seru. Setelah berhasil memasangkan gambar bus dan nama bus, dilanjutkan dengan menaruh gelas kertas 1-22. Yang menarik bagi saya, Kenan tidak menaruh secara urut gelas kertas 1-22. Kenan justru menaruh gelas-gelas itu secara acak, suka-suka dia, tetapi dengan susunan yang benar.

Dari aktivitas seru di atas, kecerdasan apa yang dilatihkan pada anak? Anak akan mendapatkan apa dari aktivitas seru semacam itu? Mungkin hal ini menjadi pertanyaan orangtua/guru yang membaca tulisan ini.

Aktivitas seru ini mengasah berbagai kecerdasan anak usia dini. Kecerdasan apa saja?

Bersambung ke tulisan berikutnya:

Aktivitas Seru Mengasah Kecerdasan Anak Usia Dini (Bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *