Semua Karena COVID-19

Baru kali ini terjadi (sesuai yang dialami penulis) anak-anak harus libur sekolah secara mendadak. Kemudian anak-anak harus belajar secara online ‘daring’. Libur kali ini anak-anak juga harus tetap melakukan aktivitas di rumah saja. Semua karena COVID-19.

Tidak hanya anak sekolah yang libur kantor-kantor swasta dan pemerintah juga meliburkan karyawannya, seluruh maupun sebagian, guna memutus persebaran wabah COVID-19 ini. Karena jumlah orang yang terkena wabah ini terus meningkat, pemerintah juga meminta kepada semua pihak untuk melakukan social distancing. Salah satu caranya adalah dengan menghindari kerumunan dan tidak menciptakan kerumunan. Efeknya, banyak acara-acara yang menghadirkan pengunjung atau penonton dibatalkan. Sebagai contoh, acara Kick Andy Heroes 2019 di salah satu televisi swasta diselenggarakan tanpa penonton untuk menghindari kerumuman. Semua karena COVID-19.

Tetap di Rumah

Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah bertambahnya korban baru karena COVID-19? Hanya satu langkah kecil namun berdampak besar, yang bisa kita lakukan, yaitu tetap di rumah. Kita harus terus memastikan anggota keluarga kita untuk tetap berada di rumah dan tidak pergi ke luar rumah jika tidak benar-benar perlu. Penyebaran wabah ini tidak terlihat, siapapun, di mana pun, bisa terkena virus ini. Meskipun kita merasa sehat, masih muda, dan tidak perlu keluar rumah jika tidak perlu. Segala informasi terbaru tentang wabah COVID-19 dapat kita pantau melalui berita di televisi atau laman-laman resmi pemerintah. Tetaplah di rumah, tunggulah dengan sabar hingga wabah sirna.

Awas Hoaks, Jadilah Pembaca Cerdas

Semua karena di dunia, juga di Indonesia sedang diserang oleh virus yang kita kenal dengan nama “corona”. Kemudian secara resmi nama virus adalah Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19.

Informasi tentang COVID-19 dapat dengan mudah kita peroleh tanpa harus keluar rumah. Siaran televisi setiap saat memberikan informasi terkini tentang perkembangan wabah COVID-19. Selain itu, laman-laman resmi pemerintah setiap saat memberikan informasi terbarunya.

Apa sih COVID-19 ini dan bagaimana cara menularnya? Kita bisa membacanya di laman-laman resmi pemerintah, salah satunya https://corona.jakarta.go.id/id. Laman ini dibuat oleh Pemerintah Kota DKI Jakarta.

Tentang COVID-19

Apa Itu COVID-19

Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 adalah penyakit baru yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan radang paru. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Gejala klinis yang muncul beragam, mulai dari seperti gejala flu biasa (batuk, pilek, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala) sampai yang berkomplikasi berat (pneumonia atau sepsis).

Bagaimana COVID-19 Menular?

COVID-19 ada penyakit baru dan para peneliti masih mempelajari bagaimana cara penularannya. Dari berbagai penelitian, metode penyebaran utama penyakit ini diduga adalah melalui droplet saluran pernapasan dan kontak dekat dengan penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang dapat mengandung virus penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet dapat melewati sampai jarak tertentu (biasanya 1 meter).

Droplet bisa menempel di pakaian atau benda di sekitar penderita pada saat batuk atau bersin. Namun, partikel droplet cukup besar sehingga tidak akan bertahan atau mengendap di udara dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, orang yang sedang sakit, diwajibkan untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran droplet. Untuk penularan melalui makanan, sampai saat ini belum ada bukti ilmiahnya.

Informasi tentang COVID-19 dapat kita baca selengkapnya pada laman https://corona.jakarta.go.id/id. Dipastikan informasi dalam laman ini bukan hoaks karena merupakan laman resmi pemerintah DKI Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *