Menghabiskan Waktu di Rumah, Mau Ngapain Aja?

Menurut data terakhir yang diperoleh dari https://corona.jakarta.go.id/id (diakses tanggal 1 April 2020) kasus positif korona mencapai lebih dari 1.600 orang. Setiap jam angka itu bisa berubah menjadi lebih banyak. Tentunya kita semua berharap dan senantiasa berdoa, wabah virus korona bisa segera berakhir. Amin

Kita semua tahu, bahwa penyebaran virus ini begitu cepat dan hanya kita sendiri yang bisa menghindarinya. Virus ini bisa ditularkan oleh siapa pun dan di mana pun. Oleh karena itu, dengan kita tetap berada di rumah dan melakukan social distancing kita sudah membantu Indonesia untuk memutus penyebaran virus korona. SO, STAY AT HOME YA GAES….

Sejak tanggal 16 Maret 2020, mulai diberlakukan kebijakan belajar di rumah untuk anak sekolah dan WFH (work from home) untuk para ASN maupun karyawan swasta. Semua masyarakat diminta (diperintahkan) untuk berada di rumah. Belum genap sebulan berada di rumah, rasanya sudah lama sekali, kebosanan sudah mulai menghantui.

Media sosial menjadi salah satu ruang untuk mengekspresikan kebosanan. Ada berbagai tantangan yang dilakukan di media sosial, entah tantangan serius hingga sebatas hiburan mengisi waktu.

 

Tetapi bagaimana dengan anak-anak (di bawah usia 6 tahun)? Media sosial bukan ruang yang aman untuk anak berekspresi. Akan sangat baik, jika gawai tak menjadi pilihan untuk mengatasi kebosanan anak-anak. Rasa bosan yang dirasakan anak-anak  membuat mereka berkreasi dan bermain sesuka mereka hingga sulit untuk diberi pengertian tentang bahaya permainan yang dilakukan, misalnya seperti . Apa pun bisa jadi mainan mereka dan hasilnya rumah jadi berantakan seperti kapal pecah.

Untuk mengatasi kebosanan pada anak-anak selama di rumah, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh orangtua dan anak. Dalam hal ini, dukungan orangtua amatlah penting. Dalam kondisi yang serba terbatas seperti saat ini, orangtua pun pasti mengalami masa bosan yang luar biasa imbas dri WFH. Namun orangtua tetap punya kesabaran ekstra, mengesampingkan rasa bosannya dan berusaha membangkitkan semangat anak untuk tetap ceria meski berada di rumah.

Apa yang harus dilakukan oleh orangtua untuk membangkitkan semangat anak selama berada di rumah? Jawabannya akan ada pada unggahan tulisan di laman ini.

Saya akan menulis beberapa ide yang bisa dilakukan oleh orangtua bersama anak saat berada di rumah. Tidak hanya ide untuk aktivitas anak dan orangtua, ide untuk orangtua pun akan bisa dibaca di laman ini.
Imbauan pemerintah untuk meminta masyarakat berada di rumah belum berakhir, sangat baik jika kita mematuhi demi kebaikan keluarga dan orang lain di sekitar kita sehingga penularan virus dapat segera terputus.

#wfh #learningathome #stayathome #lawanviruskorona #bekerjadarirumah #belajardirumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *