Bermain untuk Mengisi Waktu di Rumah

Anak usia 5 tahun mana mau diajak belajar terus, maunya pasti main-main dan main.

Seorang anak tetangga datang ke rumah hendak mengajak anak saya main. Dengan tegas saya katakan, “Maaf ya, Kenan tidak main.” Si anak ini memang berbeda dengan anak lain, sering keluar masuk rumah seluruh penghuni kompleks sehingga membuat penghuni kompleks enggan untuk membiarkan anak itu masuk. Kadang kala, saya membiarkan anak ini masuk. Namun, hari ini dan seterusnya hingga virus korona tak lagi terdengar saya tidak akan membebaskan orang, baik anak maupun siapa saja untuk keluar masuk rumah saya. Bukan sombong dan tak suka bertetangga, ini dilakukan demi keamanan keluaga saya dari terinfeksi COVID-19. Wabah belum berlalu gaes… tetap lakukan social distancing dan physical distancing.

Ayo Bermain

Bagi anak usia 5 tahun,  berada di rumah sepanjang hari dan sudah berlangsung selama 3 pekan adalah sesuatu yang membosankan. Untuk menekan rasa bosan itu, anak perlu diajak bermain aneka macam permainan. Hari ini anak saya Kenan  asyik bermain dengan gelas-gelas kertas.

Tip sederhana: Temani anak bermain, karena tidak masalah mainannya apa, yang anak suka adalah ditemani bermain oleh bunda atau ayahnya atau anggota keluarga lain.

Bermain dengan gelas kertas sudah sering dilakukan, hari ini kembali diulang. Cara bermainnya suka-suka anak alias sesuai kreativitas dan imajinasi anak. Kali ini Kenan bermain menara gelas.

Kenan menyusun gelas kertas menjadi menara.

Menyusun gelas kertas menjadi menara tidak mudah dilakukan. Jika susunan dasar tidak seimbang akan menyebabkan menara roboh dengan mudah. Dalam permainan ini, anak dilatih untuk sabar karena mungkin menara akan roboh berulang kali sebelum mencapai puncak. Ketika kesabaran anak hilang, orangtua bisa memotivasi anak supaya tidak pantang menyerah.

Menara gelas kertas dapat dilanjutkan dengan permainan melempar menara dari jarak tertentu. Permainan ini seperti permainan bowling. Menara gelas kertas disusun di lantai. Lalu siapkan bola. Bola bisa terbuat dari gulungan kertas dibentuk bulat. Dari jarak tertentu anak melempar bola ke arah menara.

Kenan bermain lempar bola menara kertas.

Ayo orangtua, ajak anak bermain untuk mengisi waktu selama di rumah. Pilih permainan yang bisa dilakukan di dalam rumah atau halaman rumah. Usahakan tetap berada di rumah, dan tidak menarik perhatian anak tetangga untuk datang ke rumah kita.

Orang dewasa jenuh melewati masa tanggap darurat wabah Covid-19, anak-anak pun tentu sama jenuhnya, bahkan lebih jenuh. Kita semua tidak punya pilihan selain hanya bisa menjalaninya saja. Semoga wabah Covid-19 segera berakhir. Amin

#30idea #wfh #learningathome #stayathome #lawanviruskorona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *