Kata Baku dan Kata Tidak Baku dalam Bahasa Indonesia

Kata baku adalah kata yang digunakan sesuai dengan kaidah dan pedoman bahasa yang berlaku. Kaidah dan pedoman kata baku bahasa Indonesia adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia. Maka, jika kita ingin mengecek apakah sebuah kata itu baku atau tidak baku, kita bisa mengeceknya di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jika kata yang digunakan tidak sesuai kaidah dan pedoman bahasa Indonesia disebut kata tidak baku. Penggunaan kata tidak baku itu tidak salah, tetapi tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Kalimat atau bahasa formal sebaiknya menggunakan kata baku. Namun, jika ada kata tidak baku dalam kalimat formal bukanlah sebuah kesalahan, hanya terjadi ketidaksesuaian. 

Misalnya dalam sebuah surat resmi terdapat penggunaan kata tidak baku, surat tersebut tidak salah, hanya perlu perbaikan kesesuaian penggunaan kata, mungkin sang pembuat surat tidak paham kata baku dan kata tidak baku.

Yuk kita cek bersama, dari kata-kata ini manakah yang kata baku dan mana kata tidak baku!

aktivitas – aktifitas

apotek – apotik

kreatifitas – kreativitas

azas – asas

adap – adab

fondasi – pondasi

efektivitas – efektifitas

sembab – sembap

lembab – lembap

sekadar – sekedar

isteri – istri

putri – puteri

memproduksi – memroduksi

resiko – risiko

seyogianya – seyogyanya

beri tahu – beritahu

memberitahukan – memberi tahukan

mengonsumsi – mengkonsumsi

mengilap – mengkilap

respon – respons

kerjasama – kerja sama

budi daya – budidaya

antar kota – antarkota

Pengecekan kata baku dan tidak baku dapat dilakukan dengan membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kini kita tak perlu membuka kamus tebal. Cukup instal aplikasi KBBI Luring di Playstore atau buka KBBI DARING.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *