Cerita 1: Belajar di Rumah Selama  Pandemi

Kegiatan belajar mengajar (KBM) daring yang dilakukan anak saya, Kenan, sudah berakhir dua minggu lalu, tetapi aktivitas belajar tetap saya jadikan rutinitas setiap hari, walaupun hanya 10-30 menit.

Saya tetap ingin mempertahankan kebiasaan belajar di rumah pada Kenan.  Saat Kenan KBM daring dengan gurunya, sebenarnya kan tetap emaknya yang harus mengajak anak, memberikan instruksi, memberi apresiasi, dan sebagainya.  Jadi, selanjutnya tinggal menggali kreativitas belajar di rumah yang menyenangkan.

Belajar di rumah sudah dilakukan Kenan sejak usia 2 tahun, bahkan kurang. Saat Kenan sudah bisa mencoret-coret saya sodorkan buku dan spidol warna. Walau kadang buku tidak dicoret, malah disobek-sobek.

Dua bulan di rumah, tidak sekolah, hanya mengerjakan tugas yang diberikan gurunya, belajar di rumah sendirian, yakin, pasti membosankan. Sekarang KBM daring sudah berakhir, kebosanan itu pastilah memuncak. Mau tidak mau saya harus memutar otak cari aktivitas belajar di rumah yang disukai Kenan. 

Yang menjadi masalahnya sekarang adalah sulitnya membagi waktu karena kehadiran si adik. Kehadiran adiknya Kenan adalah anugerah sekaligus tambahan tanggung jawab buat saya.  Saat adiknya, Krisan, tidur, adalah waktu terbaik untuk beraktivitas belajar di rumah dengan Kenan, tetapi Kenan tidak selalu mau menerima ajakan saya. Saat Kenan mau beraktivitas belajar di rumah, adiknya sedang dalam gendongan yang membuat saya tidak bisa bebas bergerak.

Akhirnya sampai hari ini ada 4 aktivitas belajar di rumah yang berhasil dilakukan Kenan dan tersimpan dalam foto. Itu pun dengan ajakan dan rayuan ekstra.

Hari pertama: 22 Mei 2020
Aktivitas belajar di rumah hari ini mengerjakan buku aktivitas, ada aktivitas mewarnai, menarik garis, berhitung, dan bahasa Inggris. Kenan mau mengerjakan sesuai instruksi saya dan menyelesaikan aktivitas dengan baik.

Hari kedua: 23 Mei 2020
Aktivitas belajar di rumah hari ini membuat denah lokasi rumah Kenan dan teman-teman tetangga. Perlengkapan yang diperlukan untuk aktivitas ini kertas putih A4 digabung jadi ukuran A3 dan hasil print gambar-gambar clipart rumah dari internet. Kertas A3 diberi gambar garis/kotak sesuai posisi rumah yang sebenarnya. Setiap rumah diberi nama anak yang dikenal Kenan. Tulisan nama dibuat tracing untuk ditebalkan Kenan. Kemudian Kenan menggunting gambar rumah dan menempelkan gambar itu pada denah sesuai namanya.
Dari aktivitas ini Kenan belajar menggunting, menempel, menulis, mengenal huruf, dan membaca denah.

Hari ketiga, 25 Mei 2020
Aktivitas belajar di rumah yang dilakukan Kenan adalah menggambar. Saya memberikan pilihan pada Kenan, mau belajar berhitung dan nulis angka atau menggambar. Kenan memilih menggambar. Kenan menggambar rumah dan robot.

Hari keempat, 26 Mei 2020
Aktivitas belajar di rumah hari ini saya  buat aktivitas lisan. Karena saya sambil menggendong adiknya. Saya bertanya dan Kenan menjawab. Walaupun Kenan sambil menonton kartun Disney, Kenan menjawab setiap pertanyaan saya.
Kartun yang sedang ditonton adalah kisah Simba, jadi pertanyaan saya seputar hewan.
– Sebutkan 3 hewan buas?
– Sebutkan 3 hewan bisa terbang?
– Sebutkan 3 hewan berkaki 2?
Dari tiga pertanyaan itu, bisa dikembangkan lebih detail sesuai keingintahuan anak. Anak yang kreatif, pasti akan bertanya lebih jauh.
Sebagai tambahan saya berikan pertanyaan ini, sebutkan 4 bagian rumah.

Saya belum tahu besok akan memberi aktivitas belajar di rumah seperti apa, tentang apa, pada Kenan untuk mengisi waktu belajar di rumah. Bagaimana besok sajalah ….. ☺️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *