Aktivitas Pramembaca: Menyanyikan Lagu

#pramembaca #terlambatbicara #speechdelay

Aktivitas pramembaca selain merangsang anak bisa membaca tanpa mengeja, juga merangsang anak untuk berbicara.

Beberapa hari ini atau bisa saya katakan pada bulan November 2022 ini Adik Krisan tidak ingin dibacakan buku sebelum tidur. Terus apa yang dilakukan sebelum tidur?
Adik Krisan menyukai aktivitas menyanyikan lagu sebelum tidur. Ada dua lagu yang sebelum tidur dinyanyikan sama-sama.

Lagu pertama adalah adalah lagu Cicak.

Cicak Cicak di Dinding
Diam diam merayap
Datang seekor nyamuk
Hap.. lalu ditangkap

Walaupun kata-kata yang diucapkannya belum jelas, tapi Adik Krisan sudah menikmatinya. Biasanya kalau saya mencoba menyanyi dia pasti akan menolak. Dia bilang suara saya tidak bagus. Sekarang berbeda, Adik Krisan bersemangat untuk menyanyikan lagu bersama sebelum tidur.

Lagu yang kedua adalah lagu “Balonku Ada Lima”.

Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru
Meletus balon hijau daaaaar!
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat
Kupegang erat-erat

Tidak masalah Adik krisan mau dibacakan buku sebelum tidur atau menyanyikan lagu sebelum tidur karena kedua aktivitas itu adalah aktivitas positif pramembaca.

Terlambat Bicara

Sebagai ibu, saya tidak suka anak saya, Adik Krisan (2,5 thn) dikatakan tidak bisa bicara. Dalam hati saya marah. Anak saya bukan tidak bisa bicara, tetapi belum bisa bicara.
Bagi yang mampu, langsung “tergopoh-gopoh” pergi ke terapi untuk membuat anaknya bisa bicara lancar. Saya berusaha untuk tetap tenang, kejadian demi kejadian tidak bisa membuat saya mengambil jalan instan. Saya yakin, dengan rangsangan saya berikan pada Adik Krisan, dia akan segera bisa bicara. Puji Tuhan, ada usaha pasti ada hasil. Adik Krisan sudah mulai bicara bicara, satu kata, dua kata, hingga tersusun kalimat pendek.

Tiga bulan lalu, Adik Krisan belum bisa berkata-kata banyak. Puji Tuhan, hari ini sudah banyak kata yang terucap dan kalimat terangkai. Perlu kesabaran ekstra untuk terus memberinya rangsangan.

Hubungan Pramembaca dan Terlambat Bicara

Yang saya lakukan untuk merangsang Adik Krisan bicara sama dengan ketika saya mendampingi usia emas si Kakak. Saya banyak membacakan buku, menyanyikan lagu, bermain bersama, dan masih banyak lagi. Intinya, tidak membiarkannya sendiri. Saat dia menikmati menonton video Youtube-pun saya “ganggu” dengan aneka pertanyaan untuk merangsangnya bicara.

Aktivitas pramembaca, tidak melulu aktivitas yang berkaitan dengan membacakan buku. Dalam aktivitas pramembaca, orangtua dapat mengajak anak mengobrol walau anak belum bisa bicara, mengajak anak menyanyi, dan mendengarkan dongeng.

Ayah, Bunda, jika buah hati mengalami keterlambatan bicara, jangan sibuk dengan cari dokter atau terapis sana sini. Bunda dan Ayah bisa membantunya dengan melakukan beragam aktivitas seperti yang saya lakukan di atas. Dengan kekuatan cinta dan kesabaran, yakin keterlambatan bicara bisa teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *