Badan Bahasa Luncurkan EYD Edisi V, Tidak Ada Lagi PUEBI

#EydEdisiV #TidakAdaLagiPUEBI #badanbahasa #editing #solusieditingbuku

Waduh, Solusi Editing Buku ketinggalan berita terbaru dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbud Ristek. Berita apakah itu?

Badan Bahasa pada hari Kamis lalu, tepatnya 18 Agustus 2022 telah meluncurkan EYD terbaru, yaitu Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan Edisi V atau EYD Edisi V.

Secara umum, terdapat perubahan besar dalam EYD Edisi V ini. Perubahan itu meliputi penambahan kaidah baru, perubahan pada kaidah yang telah ada, perubahan redaksi, contoh, dan tata cara penyajian. Secara keseluruhan, perubahan yang ada lebih dari 50 persen.

Bagaimana dengan PUEBI?
Tentunya dengan diluncurkannya EYD Edisi V, secara otomatis Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sudah tidak digunakan lagi.

Nama EYD sudah sangat melekat dalam benak masyarakat Indonesia.
“Kalimat itu tidak sesuai EYD”, begitu biasanya orang berkata ketika menyebut perkataan atau tulisan yang tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia. Kembalinya pemberian nama EYD tentunya disambut baik oleh semua kalangan, baik yang berkecimpung dalam dunia tulis menulis, maupun tidak.

Jika ditilik dari sejarahnya, sejak pertama kali diresmikan pada 1972, ejaan ini telah menggunakan nama Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Kemudian, pada edisi kedua (1987) dan edisi ketiga (2009), ejaan ini mendapatkan tambahan frasa pedoman umum sehingga diterbitkan dengan nama Pedoman Umum Ejaan bahasa Indonesia yang Disempurnakan (PUEYD). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) merupakan EYD Edisi Keempat. Kemudian bertepatan dengan 50 tahun penetapan EYD, 16 Agustus 1972, diluncurkanlah dan ditetapkanlah oleh Badan Bahasa EYD Edisi Kelima.

EYD Edisi V terpasang di home screen ponsel.

UNDUH APLIKASI EYD EDISI V
EYD Edisi V ini mudah diakses. EYD Edisi V diterbitkan dalam bentuk aplikasi web yang dapat diakses melalui laman ejaan.kemdikbud.go.id.

UNDUH APLIKASI EYD EDISI V

Sumber info:
https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/badan-bahasa-luncurkan-eyd-edisi-v-serta-logo-dan-tema-kbi-xii/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *