Buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas, Satu Halaman Segudang Aktivitas

Buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas, Satu Halaman Segudang Aktivitas

Pertama-tama saya mengucapkan syukur, walau masih dalam suasana pandemi buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas dapat terbit. Saya mengucapkan terima kasih pada editor dan redaksi Penerbit Elex Media Komputindo hingga akhirnya menerbitkan buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas.

Dari sisi harga buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas cukup menguras kantong, Rp 90.000. Tetapi saya menjamin, orangtua atau guru tidak akan menyesal membeli buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas untuk anaknya, asalkan tahu cara memanfaatkan buku aktivitas semaksimal mungkin, setiap halaman demi halaman.

Ini adalah tampilan halaman 3 buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas.

Pada halaman itu anak diminta menghitung jumlah angklung. Tidak sampai satu menit anak pasti sudah menyelesaikan mengerjakan aktivitas berhitung ini.

Orangtua/guru/pendamping dapat menambah aktivitas ini dengan informasi yang dapat memperkaya pengetahuan anak.

Informasi pengayaan yang bisa diberikan adalah

  • Mengenalkan angklung sebagai alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. 
  • Mengenalkan cara bermain angklung.
  • Mengenalkan bahan yang digunakan untuk membuat angklung.

Selanjutnya, orangtua/guru/pendamping dapat mengembangkan aktivitas sesuai kemampuan anak atau situasi yang ada. Anak yang kritis akan lebih banyak bertanya ini dan itu tentang apa yang dilihatnya.

Lihat halaman  35 buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas.

Halaman 35 buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas mengajak anak beraktivitas mencari gambar yang sama. Ada 12 gambar alat musik pada aktivitas itu. Dengan mencari gambar yang sama, dapat melatih anak mengidentifikasi benda dan melatih ketelitian. Namun, anak bisa mendapat informasi tambahan tentang nama 12 alat musik, cara memainkan alat musik, asal daerah jika alat musik tradisional, dan sebagainya. Selanjutnya, pendamping bisa bertanya pada anak, yang termasuk alat musik tiup yang mana, yang termasuk alat musik petik yang mana, dan seterusnya. 

Saat anak mengerjakan buku aktivitas ini, ada anak yang suka berlama-lama mengeksplorasi pada satu halaman. Tetapi, ada anak yang suka mengerjakan beberapa halaman sekaligus. Jadi, saat pendamping ingin memberikan informasi yang memperkaya, lakukan sesuai situasi mood anak. Jika anak tampak tertarik untuk berlama-lama pada halaman tertentu, pendamping dapat memberikan tambahan aktivitas atau informasi yang dapat memperkaya anak. Jika terjadi sebaliknya, anak tidak suka berlama-lama, pendamping ikuti keinginan anak dan nanti dapat mengulangnya lagi.

Dalam buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas, semua halaman berkaitan dengan alat musik, baik alat musik tradisonal maupun alat musik modern. Pengetahuan anak tentang alat musik akan semakin kaya dengan bantuan pendampingan dari orangtua/guru/pendampingnya. Namun, pengembangan kemampuan dan keterampilan anak yang utama, yaitu Calistung (membaca, menulis, berhitung)  tetap menjadi prioritas dalam Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas ini. Sesuai judulnya, ada 10 keterampilan yang diasah dalam buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas, 4 di antaranya membaca, menulis, berhitung, dan mengenal alat musik. Masih ada enam keterampilan lainnya.

Di mana buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas bisa diperoleh?
Sebaran buku KLIK di  sini
SEBARAN BUKU DI TOKO BUKU GRAMEDIA

Pembelian online silakan klik di sini GRAMEDIA ONLINE dan KEN KEN BOOK STORE Tokopedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *