Buku Aktivitas Juga Bisa Menjadi Cerita Pengantar Tidur

Tidak hanya buku cerita yang bisa dibacakan sebelum tidur, buku aktivitas juga bisa menjadi cerita pengantar tidur.
– Paskalina Askalin –

Siang ini saya menemani si Adek tidur siang. Sudah menjadi kebiasaan si Adek, sebelum tidur siang atau tidur malam, minta dibacakan buku.
Yang ada di dekat tempat tidur adalah buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas. Jadilah, buku ini saya bacakan untuk si Adek.

Buku aktivitas dibacakan sebelum tidur, memangnya bisa? BISA. Membacakan buku aktivitas berbeda dengan membacakan buku cerita. Membacakan buku aktivitas berarti membaca gambar sesuai hasil eksplorasi Bunda (jika yang membacakan Bunda).

Saya memilih beberapa halaman untuk dibacakan atau diceritakan pada si Adek.

Halaman pertama

Hal 1 buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas

Saya beri tahu pada Adek kalau ini namanya alat musik angklung, digunakan dengan cara digoyang. Kalau si Adek tidak sedang mau tidur, saya bisa mengajaknya mewarnai gambar angklung ini.

Halaman kedua

Hal 3 buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas.

Wah ada banyak sekali angklung di taman. Coba Adek lihat, ada berapa angklung ini ya? Kemudian saya ajak si Adek menghitung jumlah angklung.
Sekali melihat, si Adek langsung tahu mana angklung dan beberapa kali menghitung jumlah angklung.
Bunda juga bisa tanyakan, apakah ada pohon pada gambar? Apakah ada kursi? Coba tunjukkan.

Halaman ketiga

Hal 21 buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas

Wah, Dek, ada pohon alat musik! Ini namanya gendang, ini rebana, dan ini sasando. Ayo, menghitung alat musik sesuai jenisnya!

Sambil tangan kiri memegang botol susu, si Adek menghitung alat musik sesuai jenisnya. Melalui aktivitas menghitung itu secara tidak langsung si Adek mengenal tiga alat musik tradisional.

Halaman keempat

Hal 33 buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas

Nah, Dek, ini namanya pianika. Kakak punya pianika (si Adek mengangguk setuju). Ini simbal, ini saksofon, dan ini gendang.

Hanya pianika yang dikenal si Adek, tidak masalah. Nama alat musik lain masuk dalam memorinya sebagai tambahan kosa kata baru.

Saya memilih halaman secara acak untuk diceritakan. Setelah selesai empat halaman, si Adek pun tidur.

Buku apa pun, asalkan anaknya mau dibacakan, tidak masalah. Tetap ada hal positif yang bisa didapatkan oleh anak saat dibacakan buku sebelum tidur.

Buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas mengasah kecerdasan anak sekaligus mengenalkan anak pada alat musik, baik itu alat musik tradisional maupun alat musik modern. Semua halaman buku menyajikan gambar-gambar alat musik dengan beragam aktivitas.

Lebih lengkap tentang buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas dapat diintip di Channel Paskalina Askalin.👇

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *