Buku Apa yang Cocok Dibacakan untuk Bayi?

Melihatnya suka dan nyaman dibacakan buku, hati saya senang sekali. Kini buku jadi teman terbaik mereka, Kenan dan Krisan.

Menurut Jim Trelease dalam bukunya The Read-Aloud Handbook, sebaiknya di tahun pertama usia anak, bacakan buku yang menstimulasi penglihatan dan pendengarannya, gambar penuh warna dan  bunyi-bunyi menyenangkan yang mudah menarik perhatian anak.
Beberapa hari lalu, saya membacakan Krisan salah satu seri Hello Kiddo untuk PAUD berjudul Jarum si Penyihir
Kecil. Buku ini berisi cerita berirama mengenal bentuk. Karena ini buku bergambar, gambarnya penuh warna, Krisan bisa melihat dengan jelas. Cerita berirama dalam buku ini juga menarik perhatian Krisan.

Ayah membacakan buku untuk Adik Krisan

Saat dibacakan kres kres kres (bunyi gunting), Krisan pasti melihat pada saya. Begitu terus jika sampai pada teks kres kres kres, Krisan melihat pada saya.
Saat si ayah membacakan buku yang sama, Krisan menyimak dengan baik, merasa nyaman, dan senang. Walau akhirnya Krisan merasa gelisah karena rasa kantuk yang mendera.

Adik Krisan memegang buku yang baru selesai dibacakan.

Seri lainnya yang saya baca berjudul Mencari Musim Semi. Buku ini cerita berirama, mengenalkan bilangan 1-5, dan mengandung pengulangan kata/kalimat. (Baca: Ulasan Buku Mencari Musim Semi)

Dari apa yang saya lihat pada Krisan, membuktikan jika apa yang dikatakan oleh Jim Trelease benar adanya. Bayi suka mendengar bunyi-bunyi, apalagi jika bunyi-bunyi itu baru didengar.

Karena itu, rekomendasi utama adalah orangtua perlu sering-sering membacakan buku dan cerita berima. Dampak rima bisa dilacak sejak dari dalam rahim. Untuk satu studi, sekelompok wanita dengan kehamilan trimester terakhir membacakan secara berulang-ulang buku karya Dr. Seuss, The Cat in the Hat; kemudian, 52 jam setelah saat persalinan, hasil  monitor pada para bayi menunjukkan bahwa mereka mampu membedakan bait berima dari Seuss dengan buku lain yang tak berima (The Read-Aloud Handbook, hal 108)

Ayo Bunda, Ayah, bacakan buku untuk si kecil, walaupun dia masih dalam kandungan. Ada banyak sekali pilihan buku khusus untuk bayi, yang biasa disebut dengan baby book. Bunda dan ayah bisa pilih salah satu. Jika tidak ada, buku si kakak pun bisa jadi pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *