Buku Enid Blyton Petualangan Pohon Kelana Ajaib Negeri Camilan

Ketika itu beberapa bulan lalu, tiba-tiba ingin baca buku baru, buku anak. Meskipun saya bukan lagi anak-anak, membaca buku anak adalah favorit saya. Sekali dayung dua tiga pulau terlewati, saya baca buku anak sekaligus ajak anak-anak saya juga untuk membacanya, itu pun jadi salah satu tujuan saya.

Ide memukau, ilustrasinya keren.

Dua kata untuk buku ini “IDENYA MEMUKAU.” Memang pantas Enid Blyton menjadi penulis buku anak yang menjadi pujaan dunia penulisan buku anak dan akan selalu menjadi panutan sepanjang zaman. Meskipun saya tidak mempunyai lengkap karya-karya Enid Blyton, saya benar-benar memuja karyanya. Saya kagum dengan ide-ide memukau dalam setiap cerita yang ditulisnya.

IDENYA MEMUKAU, itu dua kata untuk buku ini. Dari judul serinya saja kita bisa bayangkan cerita yang luar biasa. Buku ini berjudul Pertualangan Pohon Kelana Ajaib: Negeri Camilan. 

Pohon Kelana Ajaib adalah dunia pada sebuah pohon yang dihuni oleh Paras-Bulan, Silky si peri, dan Tuan Panci. Melalui awan di atas Pohon Kelana Ajaib tiga bersaudara, Joe, Beth, dan Frannie, serta sepupu mereka Rick diajak berpetualang mengunjungi negeri-negeri impian. Kali ini empat anak itu akan diajak ke Negeri Camilan oleh Paras-Bulan dan teman-teman. 

Kover mencolok, membuat siapa pun tertarik untuk menyentuhnya.

Paras-Bulan, Silky, dan Tuan Panci menunggu kedatangan keempat anak itu tetapi mereka tak kunjung datang. Paras-Bulan kemudian mengirim pesan untuk anak-anak.

Joe, Beth, Frannie, dan Rick, tahu jika Negeri Camilan akan segera tiba, tetapi mereka tidak berani meminta izin pada ibunya. Mereka harus bertanggung jawab atas kecerobohan dan kenakalan mereka. 

Rick dan Joe bergulat hingga merusak meja kecil, Beth membuat taplak meja gosong saat dia setrika, dan Frannie membuat bajunya berlubang saat memetik buah blackberry. Saat mereka sedang membereskan kekacauan yang mereka buat, sebuah pesan dari Pohon Kelana datang untuk mereka melalui burung pelatuk.

Pesan itu meminta anak-anak datang ke Pohon Kelana besok, karena Negeri Camilan akan tiba besok. Jika mereka tidak datang Paras-Bulan dan kawan-kawan akan pergi ke Negeri Camilan tanpa mereka.

Dengan sedih Joe membalas pesan itu jika mereka tak bisa datang. Tetapi kemudian ibu mereka mengetahui tentang rencana pergi ke Negeri Camilan. Lalu mengizinkan Joe, Beth, Frannie, dan Rick pergi ke Negeri Camilan. Ibu memaafkan kesalahan mereka dan tahu jika mereka sudah berusaha memperbaiki kesalahan itu.

Esoknya pergilah mereka ke Pohon Kelana dan menuju ke Negeri Camilan. Kisah selanjutnya sangat seru, sayang sekali jika pencinta buku anak tak membacanya. Miliki buku Pertualangan Pohon Kelana Ajaib: Negeri Camilan ini dan baca keseruan kisah mereka. Ajak juga anak-anak untuk membaca bersama buku ini.

Pesan Moral dalam Sebuah Cerita 

Setiap kali membaca buah karya Enid Blyton, kita akan dengan mudah menemukan pesan moralnya. Bagi saya inilah kelebihan karya-karyanya, ketika anak-anak membaca cerita, mereka dapat langsung menangkap pesan moralnya.

Seperti pada buku Pertualangan Pohon Kelana Ajaib: Negeri Camilan ini, pada bab pertama pesan moralnya jelas. Joe, Beth, Frannie, dan Rick telah melakukan kesalahan yang membuat ibu mereka marah dan mereka berusaha memperbaiki kesalahannya itu. Walaupun hal ini membuat mereka harus melewatkan kesempatan untuk pergi ke Negeri Camilan. Padahal pergi ke Negeri Camilan adalah impian mereka dan hanya ada satu kesempatan. 

Pesannya moralnya jelas sekali, “Saat kamu melakukan kesalahan, kamu harus mempertanggungjawabkannya, meskipun kamu harus melewatkan hal menyenangkan”.

Bagi anak-anak zaman sekarang, yang serba instan, serba mudah, akan cenderung membuat mereka menggampangkan segalanya. Jika kita tanya pada anak-anak, apa yang mereka lakukan jika berada pada posisi Joe,  mereka mungkin (tidak semua) akan memilih tidak melewatkan pergi ke Negeri Camilan dan tetap pergi meski tidak mendapat izin dari ibu mereka.

Karakter bertanggung jawab begitu kuat disematkan pada buku Pertualangan Pohon Kelana Ajaib: Negeri Camilan ini. Tentu nilai karakter lainnya pun ada banyak ditemukan di buku ini. Di bab selanjutnya, ada kejadian lain yang membuat Rick harus bertanggung jawab atas kesalahannya yang dilakukannya di Negeri Camilan.

Ilustrasi berwarna membuat anak semakin tertarik untuk membaca buku ini.

Akhir kata, buku ini baik sekali jika dihadiahkan pada anak-anak. Apalagi buku ini didukung dengan ilustrasi berwarna yang akan membuat anak tertarik untuk membacanya. 

Ayo, ajak anak membaca buku ini! Kemudian ajak mereka membahas peristiwa-peristiwa luar biasa yang penuh imajinasi dalam buku ini sekaligus menangkap pesan moralnya. 

Data Buku

Judul: Pertualangan Pohon Kelana Ajaib: Negeri Camilan. | Penulis: Enid Blyton | Ilustrator: Alex Paterson | Penerbit: Gramedia | Tahun terbit: 2019 | ISBN: 9786020398358

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *