Cara Menumbuhkan Minat  Baca Anak 

Sahabat Pembaca yang terkasih, libur akhir pekan yang panjang akan segera berakhir, besok akan kembali beraktivitas seperti biasa. Tapi jangan lupa, kita semua memasuki era NEW NORMAL, sebisa mungkin hindari kerumunan, selalu pakai masker, selalu jaga jarak, dan hindari kontak fisik dengan orang baru dikenal.

Sahabat Pembaca, bahasan tentang cara menumbuhkan minat baca anak, sebenarnya sudah banyak sekali dan saya pun sudah sering menyisipkan dalam tulisan-tulisan saya sebelumnya. Tetapi saya tetap ingin membagikan momen saya bersama keluarga tentang cara menumbuhkan minat baca anak.

Momen-momen yang saya potret terjadi apa adanya, tanpa rekayasa. Setelah saya lihat, ternyata foto-foto itu menggambarkan cara menumbuhkan minat baca anak. 

Sahabat Pembaca tentu tahu, menumbuhkan minat baca anak itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses panjang yang harus dilewati, namun proses itu berjalan alamiah saja, karena intinya tetap kesenangan menjadi nomor satu.

Berikut ini cara menumbuhkan minat baca anak yang saya lakukan untuk anak saya.

Membacakan buku untuk anak sejak bayi

Krisan lahir pada bulan Maret 2020. Saat ini usianya 5,5 bulan. Hampir setiap hari saya atau ayahnya membacakan buku untuk Krisan. Kebiasaan yang terus dilakukan lama-lama menjadi biasa. Kebiasaan membacakan buku untuk Kenan, kini dilakukan pada Krisan. Kadang membacakan buku untuk keduanya langsung, kadang masing-masing.

Ayah membacakan buku untuk Krisan.

Menjadikan buku mainannya

Dulu ketika Kenan seusia Krisan, saya pun sudah memberikan buku sebagai mainannya. Hasilnya buku-buku anak koleksi saya banyak yang sobek. Kini, Krisan pun sudah mulai menyukai memegang benda, meremas, lalu memasukkannya ke dalam mulut. Lembaran kertas buku pun sudah bisa dipegang dan diremasnya hingga sobek. Bagi saya tidak masalah buku sobek karena ini adalah bagian dari perkenalannya dengan buku. Namun, saya harus waspada karena kertas bisa menjadi tajam dan melukai tangan. Nah, akhirnya saya berencana membelikan buku kain, Krisan bisa meremas-remas bukunya dengan puas, motoriknya terlatih, kedekatan dengan buku pun terjalin, hingga akhirnya minat baca pun terangsang.

Krisan berhasil menyobek buku yang dimainkannya.

Membacakan buku setiap malam

Konsisten setiap malam membacakan buku untuk anak menjadi jurus ampuh menumbuhkan minat baca anak. Sejak bayi Kenan dibacakan buku setiap malam. Kini, di usianya yang hampir menginjak 6 tahun, Kenan yang meminta dibacakan buku. Minat baca sudah bertumbuh di hatinya.

Kenan memilih-milih buku yang akan minta dibacakan.

Kenan minta dibacakan tiga buku. Ini permintaan yang pasti biasa saya penuhi. Kadang, Kenan suka minta dibacakan 10 buku atau 10 cerita dari Let’s Read. (Baca Ketagihan Dibacakan Let’s Read)

Tiga buku ini dibacakan malam ini (23 Agustus 2020).

Jika tiga cara di atas dilakukan secara konsisten, pastilah minat baca anak akan bertumbuh dengan sempurna. Membacakan buku sama pentingnya dengan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan anak. Nutrisi buku mampu mengisi otak anak hingga mampu melejitkan kecerdasan anak.

One thought on “Cara Menumbuhkan Minat  Baca Anak ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *