Kebaikan oleh Semua, Kumpulan Dongeng dan Cerita Anak

Judul: Kebaikan oleh Semua, Kumpulan Dongeng dan Cerita Anak
Penulis: Kelompok Cinta Anak Cinta Buku
Terbit September 2020

Di zaman yang serba instan dan serba digital seperti sekarang ini nilai kebaikan hampir hilang. Anak-anak cenderung bersikap egois, tidak peduli pada lingkungan sekitarnya. Untuk menjadi peduli dan baik pada orang di sekitarnya, anak-anak harus diberi tahu atau ditugasi untuk berbuat baik atau peduli.

Tentunya, kita tidak berharap generasi muda di masa depan menjadi manusia yang angkuh dan tidak peduli. Karenanya, anak-anak harus diberi “suplemen bacaan” yang bernilai karakter baik, salah satunya nilai kebaikan.

Nilai kebaikan merupakan salah satu nilai karakter yang mampu menyatukan perbedaan, hingga menghilangkan perbedaan itu. Menurut saya, sangat tepat saat penulis dari Kelompok Cinta Anak Cinta Buku memilih “kebaikan” menjadi tema besar untuk keseluruhan cerita dalam buku kumpulan cerita anak ini. Oleh karena itu, buku ini layak dibacakan untuk anak. Bahkan, orang dewasapun sambil membacakan untuk anaknya juga dapat mengambil manfaatnya.

Berbuat kebaikan itu tidak perlu hal-hal yang besar dan luar biasa. Sampah rumah tangga yang kita buang di tempat sampah bisa menjadi kebaikan bagi orang lain.
Seperti yang dikisahkan dalam cerita yang berjudul “Sekantong Plastik Hitam Kecil” karya Kadek Nina Harnin.

Sekantong nasi sisa kemarin menjadi kebaikan bagi seorang petugas sampah (Kakek Udin). Sekantong nasi sisa dipungut dari sampah oleh Kakek Udin, untuk diberikan pada ayamnya. Ibu menorehkan kebaikan dengan memisahkan nasi sisa yang dibuang ke dalam kantong plastik hitam supaya bisa langsung diambil oleh Kakek Udin.

Berbagi tidaklah harus besar bentuknya, terkadang hal kecil pun bisa sangat berguna bagi orang lain yang membutuhkan. (Hlm 43)

Tindakan sederhana yang dilakukan oleh Ibu adalah kebaikan yang luar biasa. Hal sekecil itu jika ditanamkan pada anak sejak dini, tentu akan menghasilkan generasi masa depan yang berkarakter luhur.

Dalam cerita lainnya kebaikan dimunculkan dari tokoh-tokoh yang terkucilkan atau tokoh yang dipandang “kecil, jelek”. Nilai kebaikan mampu menyatukan perbedaan si bagus dan si jelek serta si tinggi dan si pendek.
Seperti dalam cerita yang berjudul “Bimbim Gajah Kecil yang Pemberani” karya Dian Pondika.

Dalam cerita itu dikisahkan tentang Bimbim, gajah yang terlahir kecil, berbeda dengan gajah lain yang bertubuh besar. Bimbim sering diejek oleh teman-teman karena tubuhnya kecil. Keadaan berubah ketika Bimbim mampu menolong teman-teman yang terjebak dalam kebakaran hutan. Kebaikan yang dilakukan Bimbim mengubah anggapan teman-temannya. Bimbim tak lagi diejek, dan semuanya mau berteman dengan Bimbim.

Dalam buku Kebaikan oleh Semua, Kumpulan Dongeng dan Cerita Anak ini terdapat 14 cerita anak dari 14 penulis. Penulis-penulis ini tergabung dalam Kelompok Cinta Anak Cinta Buku yang berpusat di Pulau Dewata.

Semua cerita, sesuai judulnya Kebaikan oleh Semua, menggaungkan tentang nilai kebaikan. Oleh karena itu, buku ini sangat baik dibaca oleh siapa pun dari berbagai usia, namun utamanya buku ini akan lebih berdampak untuk masa depan jika dibacakan untuk anak-anak atau dibaca oleh anak.
Akhir kata, saya menunggu karya selanjutnya dari Kelompok Cinta Anak Cinta Buku. Salam Literasi

Paskalina Askalin

4 thoughts on “Kebaikan oleh Semua, Kumpulan Dongeng dan Cerita Anak”

  1. Benar sekali mbak, buku bacaan juga akan mempengaruhi karakter anak. Maka dari itu sebagai orang, kita perlu memilah-milah mana buku yang baik untuk dibaca oleh anak kita.

  2. Halo, Mbak Paskalina. Ketemu di blog ya. Pasti penulis di buku ini keren-keren bisa menghasilkan cerita yang luar biasa besar manfaatnya untuk anak ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *