Memanfaatkan Halaman demi Halaman Buku Aktivitas secara Maksimal

Beli buku mahal-mahal, sayang jika tidak dimaksimalkan manfaatnya.

Paskalina Askalin

Buku aktivitas digunakan oleh anak untuk melakukan beragam aktivitas sesuai dengan petunjuknya. Misalnya, untuk mewarnai, menarik garis, melingkari, menebalkan huruf, memasangkan gambar, dan sebagainya. Sudah bisa dipastikan kondisi buku aktivitas pasti jadi lecek dan tidak jarang yang akhirnya sobek karena anak terlalu bersemangat mewarnai.

Di balik semua hasil coretan, buku yang rusak, orangtua harus yakin, anak telah belajar banyak hal dari buku aktivitas itu.

Orangtua atau pendamping anak dapat memaksimalkan penggunaan buku aktivitas dengan cara menemani anak mengerjakan buku aktivitas dan bersama anak mengeksplorasi halaman demi halaman buku aktivitas. Bagaimana cara mengeksplorasinya? Ayo, baca terus!😀

Saya akan membedah satu halaman buku aktivitas. Buku aktivitas yang dibedah ini berjudul Aktivitas 10 in 2 Anak PAUD Cerdas.

Buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas

 

Saya pilih salah satu halaman yaitu halaman 35 untuk dibedah alias dimaksimalkan manfaatnya untuk anak. Pada halaman aktivitas ini petunjuknya, anak diminta menemukan pasangan alat musik yang sama.

Halaman 35 Buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas

Pada halaman aktivitas itu ada 12 macam alat musik, baik itu alat musik tradisional maupun alat musik modern. Dari halaman aktivitas ini orangtua atau pendamping bisa mengeksplorasi atau memanfaatkan gambar-gambar yang ada untuk menambah pengetahuan anak.

Setelah anak menemukan pasangan dari gambar alat musik, selanjutnya ajak untuk mengenal alat musik ada pada halaman tersebut. Tentunya tidak semua alat musik itu dikenal oleh anak.

Baca juga: Buku Aktivitas Juga Bisa Menjadi Cerita Pengantar Tidur

Apabila dirinci, pengetahuan apa saja yang bisa didapatkan oleh anak melalui halaman Aktivitas ini. Berikut ini rinciannya.

(1) Mengidentifikasi gambar alat musik aktivitas dengan menemukan pasangan dari setiap alat musik. Pasangan yang dimaksud adalah gambar yang sama misalnya tifa dengan tifa, gendang dengan gendang, suling dengan suling.
(2) Mengenal nama alat musik tradisional, diantaranya tifa, gendang suling sasando, gambus, dan sebagainya.

Baca juga: Buku Aktivitasku, Lembar Kerja untuk Anak 3+ dengan Berbagai Tema

(3) Mengenal nama alat musik modern, di antaranya drum, xilopon, gitar, dan sebagainya.
(4) Jika memungkinkan, orangtua dapat mengenalkan asal daerah alat musik tradisional. Misalnya Tifa adalah alat musik tradisional dari Papua.
(5) Dari 12 gambar alat musik tersebut, orangtua dapat mengenalkan ragam alat musik berdasarkan cara memainkannya. Misalnya, gitar, sasando, dan siter dimainkan dengan cara dipetik. Contoh lainnya, tifa dan gendang dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan.

https://youtu.be/zcSglB88mLs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *