Mengenal Sembilan Motif Batik Jonegoroan

Hari ini semua orang di Indonesia berbangga menggunakan baju batik. Pasalnya, hari ini, 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Peringatan Hari Batik Nasional ini dilakukan sejak ditetapkannya batik dari Indonesia sebagai intangible cultural heritage of humanity (warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi) oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization). Pengukuhan dilakukan UNESCO tersebut di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2 Oktober 2009.

Pengakuan batik Indonesia oleh UNESCO ini memberi ide dan inspirasi pada Bupati Bojonegoro saat itu, Drs. H. Suyoto, M. Si., mengadakan lomba desain batik. Kemudian, atas dukungan istri Bupati Bojonegoro, Maffudoh Suyoto, pada bulan Desember 2009, Tim Penggerak PKK Bojonegoro mengadakan festival lomba desain batik khas Bojonegoro dengan tema Kekayaan Alam Bojonegoro. Dari ratusan karya yang masuk, akhirnya sembilan desain ditetapkan sebagai motif batik Bojonegoro, alias Jonegoroan.

Berikut ini sembilan motif batik yang ditetapkan sebagai motif batik Jonegoroan.

1. Rancak Thengul

2. Parang Lembu Sekar Rinambat


3. Sekar Jati

4. Pari Sumilak

5. Sata Ganda Wangi

6. Parang Dahana Mungal

7. Jagung Miji Emas

8. Mliwis Mukti

9. Gatra Rinonce

Motif batik Jonegoroan mempunyai warna yang cerah. Setiap motif itu juga mempunyai makna filosofis yang dalam. Penjelasan tentang makna dan filosofi sembilan motif akan diunggah pada tulisan selanjutnya masih di bulan Oktober 2022.

Selain sembilan motif di atas, pada tahun 2012 ditetapkan lima motif baru batik Jonegoroan. Penjelasan tentang lima motif baru batik Jonegoroan akan diunggah juga pada  tulisan selanjutnya masih di bulan Oktober 2022.

Kenapa masih di bulan Oktober?? Karena bulan ini bulan spesial, saya akan maraton menulis hingga akhir Oktober, satu hari satu tulisan.

Sumber gambar/foto: fitinline.com

Visited 12 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *