Mengenalkan Huruf pada Anak (1)

Mengenalkan huruf pada anak harus dilakukan dengan menyenangkan.

Tiap kali menulis tentang aktivitas anak-anak usia PAUD saya selalu memulai dengan kalimat: Dunia anak adalah bermain. Dunia bermain adalah dunia yang menyenangkan. Anak-anak menyukai dunia yang menyenangkan.
Untuk menarik perhatian anak melakukan aktivitas yang kita harapkan, harus dilakukan dengan cara menyenangkan.

Aktivitas Pramembaca Pramenulis
Mengenalkan huruf pada anak harus dilakukan dengan menyenangkan dan tanpa memaksa. Sejak usia 3 tahun saya sudah mengenalkan huruf pada anak saya, Krisan, yang saat ini berusia 4 tahun 3 bulan.

Berbagai macam lembar aktivitas saya buat. Selain itu saya juga membuat berbagai macam alat dari kertas bekas, kardus bekas dalam upaya mengenalkan huruf.

Apakah saya berhasil mengenalkan huruf? Belum, saya belum berhasil. Prakarya yang saya buat untuk mengenalkan huruf tidak menarik perhatian anak saya. Hanya digunakan satu atau dua kali aktivitas.

Menyanyi lagu ABC
Setelah mencoba berbagai cara dan membuat berbagai alat untuk mengenalkan huruf, saya akhirnya menemukan satu cara untuk mengenalkan huruf pada anak saya dengan cara menyenangkan. Caranya adalah menyanyikan lagu ABC.

Saya menulis huruf A – Z di papan tulis. Saya contohkan menyanyi lagu ABC, lalu Krisan mencoba menyanyikannya. Krisan tertarik.

Awalnya Krisan selalu meminta bantuan saat mulai menyanyi lagu ABC. Kini Krisan bisa menyanyikannya lagu ABC sendiri. Setiap hari, setiap saat Krisan menyanyikannya. Bahkan, saya buat papan huruf yang bisa dibawa ke mari.
Selanjutnya, saya tambahkan kata untuk setiap huruf.

Ketika membacanya bersama Krisan, nama benda-benda itu pun dinyanyikan.
(Dinyanyikan 🎶🎵)

Lagu ABC Benda

Aaaa ayam
Bbbb bola
Cccc celana
Dddd donat
Eeee elang
Ffff feri
Ggg gajah
Hhhh harimau
Iiii ikan
Jjjj jeruk
dst sampai z.

Menyanyikan lagu ABC dan lagu ABC Nama Benda terus dilakukan. Krisan senang melakukannya, saya dukung terus. Kunci sukses keberhasilan mengenal huruf pada anak adalah pengulangan aktivitas.

Lembar Aktivitas
Selanjutnya, saya tambahkan aktivitas mengenalkan kata dengan huruf awal A – Z. Kata yang digunakan sama dengan lagu ABC Nama Benda. Modal aktivitas ini kertas bekas dan spidol. Jika ada printer, bisa cetak sendiri.
Ini foto Krisan mengerjakan lembar aktivitas.

 

Saya siapkan lembar aktivitas untuk kata-kata selanjutnya. Setiap hari dua atau tiga lembar sudah cukup. Aktivitas ini dilakukan sesuai dengan mood anak. Jika anak masih ingin mengerjakan, terus saja dilakukan.

Sama dengan yang saya katakan di atas,  kunci sukses keberhasilan mengenal huruf pada anak adalah pengulangan aktivitas.

Orang tua, guru, atau pendamping anak jangan bosan untuk terus menerus mendukung anak. Orang tua boleh mempunyai target, setelah sebulan harus bisa ini, bisa itu. INGAT, kesenangan anak dalam melakukan aktivitas itu yang penting. Saat anak senang melakukannya, hasilnya akan bermanfaat untuk anak ke depannya.

 

Pilih worksheet PAUD (lembar aktivitas) sesuai kebutuhan anak.👇👇

Lembar Aktivitas PAUD Mobil-mobil Kontruksi Mengasah Kecerdasan

Lembar Aktivitas PAUD Mengasah Kecerdasan (Buah dan Sayur)

Worksheet Mengenal Warna

Worksheet Mengenal huruf (1)

Worksheet mengenal huruf (2)

Worksheet Mengenal angka (1)

Worksheet mengenal angka (2)

Workheet Mengenal buah

Visited 10 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *