Bersyukur untuk Tahun 2020, Berharap Terbaik untuk 2021

Bersyukur untuk Tahun 2020, Berharap Terbaik untuk 2021

Menyambut tahun 2021, saya  ingin memulainya dengan rasa syukur yang luar biasa atas semua kebaikan yang terjadi pada tahun 2020.

Pada bulan Maret telah lahir anak ketiga, Ireneus Krisanutama Citaprada. Dia menjadi anugerah indah di tahun 2020 bagi saya dan keluarga kecil saya.

Krisan, panggilannya, adalah fokus saya tahun 2020, juga kakaknya, Kenanutama. Keduanya menjadi hari-hari saya selama tahun 2020. Saya bersyukur bisa menjadi ibu yang utuh, ibu di rumah.

Rasa Syukur di Tengah Pandemi

Meski pandemi belum juga usai, saya tetap bersyukur karena anak saya lahir sebelum pemerintah menerapkan kebijakan PSBB. Jadi, keadaan masih normal, belum menjadi new normal. Semua proses di rumah sakit masih berjalan secara normal.

Setelah itu pandemi merenggut kebebasan semua orang. Saya, Anda, kamu, kalian semua harus selalu  berada di rumah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah. Dan, hingga kini pandemi belum juga usai.

Sampai menjelang tahun baru 2021, pandemi masih berlangsung. Kita masih harus menghadapi pandemi dan selalu ingat 3M (Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak).

Saya pribadi bersyukur, walaupun Covid-19 mulai mendekat di sekitar perumahan tempat tinggal, saya dan keluarga masih terhindar dari ancaman Covid-19. Semoga hingga pandemi berakhir, keluarga saya jauh dari Covid-19. Amin.🙏

Bagi sahabat, teman, dan siapa pun, yang sedang menjalani isolasi mandiri atau isolasi di rumah sakit, tetap semangat dan yakin bahwa kesembuhan akan segera datang. Amin🙏

Sekolah Daring Masa Pandemi, Pekerjaan Baru Ibu di Rumah

Di masa pandemi 2020 ibu-ibu di rumah mempunyai pekerjaan baru, yaitu menjadi guru dan pendamping untuk anak-anak sekolah daring alias belajar di rumah. Tidak mudah, dan banyak cerita terunggah di medsos tentang kisah ibu mendampingi anak-anak sekolah daring.

Sebagai salah satu ibu yang mendampingi anak sekolah daring, saya pun mengalami banyak kerepotan dan punya segudang cerita.

Tapi saya bersyukur menjadi ibu di rumah, ibu yang bekerja di rumah. Karena selama pandemi, saya bisa menemani Kakak Kenan saat sekolah daring. Walaupun masih di bangku TK B, Kakak Kenan mengikuti sekolah daring, melalui grup WhatsApp, Zoom,  atau video call. Yang punya anak PAUD pasti paham bagaimana kerepotannya menemani anak usia TK belajar daring selama pandemi.

Bersyukur akan Hasil yang Diperoleh Tahun 2020

Dengan segala kerepotan mengurus dua anak saja, jujur, saya merasa kehabisan waktu. Waktu 24 jam sehari berasa kurang. Setiap saat muncul pertanyaan, kapan saya bisa menulis? Di kepala ini begitu banyak sesuatu yang ingin diwujudkan.

Apakah tidak ada karya yang terpublikasi, tahun 2020 ini? Puji Tuhan masih ada karya buku dan tulisan terselip di tahun 2020.

Buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas

Buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas terbit 14 Oktober 2020. Buku ini merupakan buku ketiga saya yang terbit di Penerbit Elex Media Komputindo. Buku sebelumnya 100 Soal Aku Siap Masuk SD (terbit 2018) dan Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD (terbit 2019).

Baca juga:

Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas (2020)

Buku Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas, Satu Halaman Segudang Aktivitas

Dua Buku Antologi Tahun 2020

Tahun 2020 lalu saya turut menyumbang tulisan di dua buku antologi, di antaranya:

 Ensiklopedia Hewan Laut, Mengenal 32 Jenis Hewan yang Ada di Lautan

Dalam ensiklopedia ini ada 32 jenis hewan laut yang dibahas. Saya membahas tentang kuda laut. Tulisan saya berjudul “Hewan Laut Paling Setia yang Lahir dari Ayahnya” ada di halaman 15. Buku antologi ini diterbitkan oleh Komunitas Rumpun Aksara, Oktober 2020.

Mau beli buku Ensiklopedia Hewan Laut? Masih ada SISA SATU STOK, klik saja

Rumahmu Kebaikanmu, Kumpulan Cerita Anak di Masa Pandemi

Dalam buku antologi ini terdapat 37 cerita anak dari 37 penulis yang semuanya adalah perempuan. Cerita anak yang saya tulis berjudul “Masker Kain Perca” ada di halaman 95. Buku antologi ini diterbitkan oleh Komunitas Rumpun Aksara, Desember 2020.

Mau beli buku Rumahmu Kebaikanmu? Masih ada SISA SATU STOK, klik saja

Dongeng  Dimuat Media

Setelah mencoba berkali-kali-kali-kali akhirnya dongeng yang saya tulis dimuat di Nusantara Bertutur,  Harian Kompas edisi Minggu 20 September 2020. Bagi saya ini pencapaian luar biasa di tahun 2020.

Lengkapnya, baca di sini: Dongeng Nusantara Bertutur: Apa Benar Meri Merak Sombong?

Dibandingkan sahabat-sahabat penulis, pencapaian saja sangat-sangat minim sekali. Tapi saya tetap bersyukur luar biasa, bisa menjadi ibu yang sepenuhnya untuk anak-anak saya. Mereka tidak perlu diasuh dan dibesarkan oleh oranglain, sehingga saya bisa melihat setiap detik perkembangan mereka.
Semoga tahun 2020, dengan tetap mengutamakan tugas saya sebagai ibu, saya bisa menelurkan karya buku lebih banyak lagi, amin🙏.

Harapan Baik untuk Tahun 2021

Sesederhana ini harapan saya di tahun 2021:
Lanjutkan pekerjaan tahun lalu 😂
Rencana baru
Harapan baru
Menjadi lebih baik
Ibu yang baik
Pasangan yang baik
Anak yang baik
Manusia yang lebih baik
🙏A M I N🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *