Semarak Lomba Agustusan Daring di Kompleksku

Lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba panjat pinang, dan masih banyak lomba lainnya, acara  lomba-lomba itu yang terbayang di benak saya ketika bulan Agustus tiba. Tapi, pandemi menghapus semua bayangan itu tak bersisa.

Sebenarnya saya ingin mengenalkan betapa semaraknya lomba agustusan dalam rangka memperingati kemerdekaan RI, tetapi saya menahan diri. Kenapa? Anak saya, Kenan, rasa ingin tahunya tinggi, apa yang saya ceritakan pasti langsung ingin dia lakukan.

Tahun 2021 ini, tahun kedua, lomba-lomba agustusan tidak dilakukan. Siapa yang berani membuat kerumuman di masa pademi ini? Pasti tidak ada. Semua kegiatan dilakukan secara daring.

Ceritanya, Pak Suami, tahun ini jadi pengurus di kompleks perumahan tempat kami tinggal. Muncullah ide untuk mengadakan lomba agustusan secara daring. Ide lomba agustusan itu disetujui pengurus. Jadilah, Pak Suami mengurus segala sesuatunya terkait lomba agustusan secara daring, mulai dari pengumuman lomba, pelaksanaan lomba, penilaian lomba, hingga pembagian hadiah lomba.

“Semuanya kita yang urus?” tanya saya Pada Pak Suami.
“Ya, pasti. Siapa lagi? Demi menyemarakkan kemerdekaan RI tak apalah kita korbankan sedikit waktu.  Nanti tolong bantu belikan hadiah.”
Mendengar perkataan Pak Suami, saya terdiam. Mungkin ini cara kami untuk memaknai kemerdekaan RI.

Awalnya tidak terbersit sedikit pun di benak saya akan sibuk dengan urusan lomba agustusan. Apalagi, aktivitas saya selalu di rumah, tidak pernah pergi ke mana-mana kecuali ke swalayan atau warung sayur.

Perlombaan agustusan kompleks pun dimulai. Ada tiga perlombaan, yaitu lomba mewarnai untuk anak, lomba menghias sepeda untuk anak, dan lomba foto untuk keluarga.

Cara mengikuti lomba, peserta lomba menggunggah foto di Instagram. Kemudian juri akan menilai lomba itu dari unggahan foto peserta. Selain penilaian dari juri, ada juga pemenang like terbanyak di Instagram.

Si Kakak Kenan juga ikut berpartisipasi dalam lomba agustusan. Kakak ikut lomba mewarnai dan lomba menghias sepeda.

Kakak Kenan ikut lomba mewarnai

Foto hasil mewarnai langsung saya unggah di Instagram. Begitu juga dengan foto sepeda yang sudah dihias kertas krep warna-warni.

Kakak Kenan dan sepeda hiasnya

Sebenarnya, saya ingin membantu si Kakak menghias sepeda dengan lebih bagus dan kreatif, sayangnya kurang bahan.

Waktu pengumuman lomba agustus kompleks pun tiba. Saya pun sibuk menyiapkan hadiah untuk pemenang lomba. Tanpa keluar rumah, saya memesan semua barang untuk hadiah melalui market place kepercayaan saya.

Juara-juara lomba agustusan sudah diumumkan di Instagram. Si Kakak tidak menjadi juara, ya, itu lebih baik. Kalau Kakak juara malah akan jadi omongan karena semua urusan lomba Pak Suami yang urus😊.

Tumpukan hadiah untuk juara lomba

Hati senang bisa menjadi bagian dari semarak 17 Agustus tahun 2021. Walau ada sedikit ganjalan. Niat hati membantu, tulus, ikhlas, tanpa balasan sepeser pun. Duh yang terjadi, saya malah harus keluar dana untuk “menyelamatkan keadaan”. Barang yang saya pesan tak kunjung datang, padahal harus segera diserahkan pada pemenang. Barang yang dipesan tidak bisa di-cancel, akhirnya saya beli lagi yang baru untuk menggantikan barang yang tak kunjung datang. Ya, sudahlah…
Perbuatan baik kita kadang tak selalu berbuah baik, tak apalah, ikhlaskan saja, anggap saja sebagai sumbangan agustusan 🤗

Ini hanyalah sekadar catatan peringatan lomba agustusan yang kebetulan saya dan Pak Suami yang terlibat.

Kita semua punya cara untuk memperingati hari kemerdekaan RI. Apapun caranya pasti punya makna tersendiri.

Demikian pula buat saya dan Pak Suami. Hari kemerdekaan RI, sebenarnya punya makna tambahan yang akan terus ada. Karena 17 Agustus adalah hari wedding anniversary kami. Tepat tanggal 17 Agustus sekian tahun silam, kami berjanji sehidup semati di depan altar.

Semoga tahun depan akan lebih semarak dan tak perlu lomba daring lagi karena pandemi sudah berakhir. Amin.

Eh, omong-omong Kakak-kakak sudah berkunjung ke  https://superapp.id/. Ada tawaran menarik lho, yuk kunjungi!
Kakak juga bisa unduh aplikasinya di playstore namanya APLIKASI SUPER. Ayo unduh segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *