Taman Alfabet: Bermain dan Belajar Huruf

Taman Alfabet: Bermain dan Belajar Huruf

Setiap kali pergi ke mana pun, pertanyaan selalu sama, “Kenan sudah sekolah ya kok sudah pintar.” Kenan sendiri kadang menjawab sekenanya, kadang tak menjawab. Lalu saya jawab, belum sekolah.

Bulan ini usia Kenan 4 tahun, rencananya tahun depan akan masuk TK. Saya katanya baru rencana karena saya sudah ambil formulir pendaftaran namun belum dikembalikan.

Diusianya yang keempat tahun, Kenan sudah bisa mengenali huruf A sampai Z, bukan karena dia sekolah, karena saya yang selalu mengajaknya bermain huruf. Seperti hari ini, saya mengajak Kenan menggantung huruf pada tanaman di depan rumah, lalu saya meminta Kenan mengambil satu per satu huruf yang saya sebutkan. Saya menyebut aktivitas ini taman alfabet.

Selain meminta Kenan mengambil huruf, saya juga menanyakan huruf tersebut mengawali kata apa. Untuk huruf A, B,C, D Kenan bisa menjawab dengan benar.

Aktivitas taman alfabet ini disukai oleh Kenan. Aktivitas sederhana yang banyak bergerak. Inti dari kegiatan ini mengingatkan kembali pada huruf. Karena akhir-akhir ini Kenan sulit sekali diajak melihat buku.

Manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini adalah
(1) Mengingat dan mengulang alfabet A-Z
(2) Melatih motorik
(3) Menyenangkan bagi anak, bermain sambil belajar alfabet

Taman alfabet adalah satu dari sekian banyak cara yang saya lakukan untuk mengenalkan huruf pada Kenan. Kini Kenan sudah bisa menyebutkan huruf A sampai Z walau belum sempurna karena masih ada yang tertukar penyebutannya. Bagi saya, yang penting Kenan hepi dan tidak merasa dipaksa belajar.

Anak-anak tetaplah menjadi anak-anak, sehari-harinya lebih suka bermain. (Paskalina Askalin)