Ulasan Buku: Seri Hello Kiddo, Putri yang Rapi

Judul: Seri Hello Kiddo, Putri yang Rapi
Penulis: Kim Min Sun
Ilustrator: Kim Hyo Jin
Pengalih bahasa: Apriliantin Putri
Penerbit: BIP
Tahun: 2017
ISBN: 978-602-455-213-8

Buku ini menceritakan tentang seorang putri yang mendapat julukan putri yang rapi dari para pelayannya. Setiap kali putri datang, pelayan akan bersiap-siap.
Saat putri melihat lemari bajunya berantakan, putri menyuruh pelayan merapikan isi lemari sesuai jenisnya, pakaian dengan pakaian, sepatu dengan sepatu. Kemudian putri pergi ke dapur, para pelayan pun siap-siap. Putri meminta pelayan merapikan dapur, roti dengan roti, buah dengan buah.

Putri menuju ke lemari buku, pelayan pun bersiap-siap. Putri meminta pelayan merapikan lemari buku, buku kecil dengan buku kecil, buku besar dengan  buku besar.

Putri menuju ke taman. Pelayan di taman pun bersiap-siap. Putri meminta pelayan merapikan tanaman bunga, bunga merah dengan bunda merah, bunga kuning dengan bunga kuning. 

Putri sampai di ruang bermain. Pelayan menanyakan pada putri apakah perlu dirapikan. Tapi putri ingin bermain, jadi tidak dirapikan sekarang.
Namun, ratu yang rapi datang dan meminta pelayan merapikan mainan setelah putri selesai bermain. Cerita putri yang rapi pun selesai.

Dari sisi penyajian, buku ini menarik karena ada tambahan halaman yang bisa dibuka lebar. Halaman besar ini tidak dibuat percuma karena ada maksudnya, yaitu menunjukkan kerapian setelah lemari baju, lemari buku, dapur, dan taman dirapikan.

Buku ini berasal dari Korea yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Dari sisi ilustrasi, buku ini menarik jika dibacakan untuk anak-anak PAUD. Kim Hyo Jin membuat ilustrasi yang manis dan imut, sehingga cocok untuk bacaan anak PAUD.

Sambil membacakan orangtua atau guru dapat sambil memperlihatkan ilustrasinya. Kemudian orangtua juga bisa langsung menanamkan kebiasaan merapikan benda-benda yang ada di rumah.

Note
Seri Hello Kiddo ada 10 judul, sayangnya saya baru punya 9 judul. Buku ini saya beli saat ada diskon 70% awal Agustus lalu. Lumayan, buat saya yang saat ini minim penghasilan, ada diskon buku rasanya menyenangkan, karena bisa memberi nutrisi bacaan bagus untuk dua anak lanang, Kenan & Krisan.

Hanya mengingatkan, pandemi belum berakhir. Lihatlah info terkini jumlah orang terkonfirmasi Covid-19, data per 22 Agustus 2020, pukul 15.33 WIB

Hasil tangkapan layar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *