Waktu Bersama Keluarga: Bermain dan Makan Bersama

Dunia kini berbeda dengan dunia masa kecil saya dulu. Dulu, ketika saya masih kecil begitu banyak waktu yang dihabiskan dengan keluarga. Tidak ada batasan, tidak ada halangan, banyak hal dilakukan bersama keluarga.

Namun, kini berbeda, waktu begitu amat berharga. Sulit sekali menciptakan waktu untuk keluarga. Hal ini terjadi bukan karena orangtua yang sibuk bekerja, melainkan karena sebuah benda kecil yang disebut smartphone. Betul tidak?

Saat ini, siapa yang tidak memegang benda kecil yang memiliki “kekuatan super” sehingga mampu membuat kita lupa orang-orang di sekitarnya.
Smartphone memang tidak sepenuhnya memberikan dampak negatif bagi kita, baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

Di masa pandemi, smartphone menjadi kebutuhan primer karena segala sesuatu dilakukan secara daring. Smartphone menjadi primadona, anak-anak yang pada awalnya tidak diperbolehkan lama-lama bersentuhan, justru harus selalu melihat smartphone karena tugas sekolah daring. Sementara itu, orang dewasa harus bekerja dari rumah dengan smartphone atau laptop.

Dunia kini berbeda dengan dunia dulu. Dunia smartphone tidak bisa dihindari, yang bisa dilakukan kemudian adalah MENYEIMBANGKANNYA DENGAN KEGIATAN LAIN, misalnya menciptakan waktu keluarga yang berkualitas. Ya, waktu keluarga.

Saya sedih kalau melihat si Kakak fokus nonton Youtube, si Adek pun turut meniru,  dan si Ayah pun demikian sibuk bersama smartphone. Kemudian, yang saya lakukan adalah memberikam usulan rencana kegiatan bersama. Tidak perlu dengan biaya mahal, bahkan kegiatan bersama keluarga tak perlu mengeluarkan biaya.

BERMAIN
Waktu bersama keluarga bisa dihabiskan  dengan bermain bersama. Anak-anak saya berusia 7,5 tahun dan 2,5 tahun, bermain adalah kegiatan yang pasti bisa dilakukan bersama dan anak-anak menyukainya.

Kegiatan bermain ini bisa membuat anak dan juga orang dewasa, sejenak meletakkan smartphone. Semua anggota keluarga bisa saling peduli dan tertawa bersama.

Tertawa bersama

Jenis permainan yang dilakukan bisa bermacam-macam menyesuaikan kesukaan keluarga. Permainan tradional pun bisa jadi pilihan.

Bermain permainan tradisional, seperti engklek, dapat menjadi pilihan kegiatan untuk mengisi waktu bersama keluarga.

Bermain bola dapat menjadi pilihan kegiatan bersama keluarga, apalagi jika memiliki dua jagoan seperti saya.

Bermain bola di jalan depan rumah.
Bermain lempar bola tenis meja.

MAKAN BERSAMA
Makan bersama semua anggota keluarga bisa menjadi cara mengisi waktu bersama keluarga. Makan bersama bisa dilakukan di rumah atau di luar rumah.

Hari ini saya dan keluarga, makan baso bersama di warung baso. Si Kakak senang makan baso bersama, si Adek pun menikmati kebersamaan. Acara makan baso ini sering kami lakukan di akhir pekan atau hari libur.

Makan baso

Beberapa waktu lalu, kami makan bersama di restoran cepat saji. Ini ide dari si Kakak. Saat liburan, Kakak selalu ingin pergi makan ayam krispi☺️.

Makan ayam krispi dan burger murah meriah yang penting bersama.

Apapun kegiatannya, intinya bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Tidak ada smartphone, bisa saling bercerita, tertawa bersama, hingga akhirnya ingin mengulang momen kebersamaannya ini.

#makanbersama #waktu keluarga #waktubersamakeluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *